terkini

Banjir Yang Rendam 5 Kecamatan Aceh Singkil Sudah Berangsur Surut

Pujo
5/19/21, 19:36 WIB Last Updated 2021-05-19T12:36:13Z
Aceh Singkil-mediaadvokasi.com 
Banjir yang melanda di Lima Kecamatan  Kabupaten Aceh Singkil sudah berangsur surut. warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing. 

"Banjir yang melanda di 5 Kecamatan Aceh Singkil Sejak Selasa 17 Mei 2021 hingga Rabu 19 Mei 2021 sudah berangsur surut, dan sebagian warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing, "demikan disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Aceh Singkil Muhammad Ichsan, Rabu (19/5/2021) 


Adapun, untuk data sementara masyarakat yang terdampak banjir pada tiga hari terakhir yang tersebar di lima Kecamatan Aceh Singkil sebanyak 20 desa itu, mecapai 1092 Kepala Keluarga (KK) atau 4898 jiwa.


"Kecamatan Suro satu desa yang terdampak, Kecamatan Singkil Utara dua desa, Danau Paris dua desa, Simpang Kanan enam desa dan Kecamatan Gunung Meriah sembilan desa," kata Muhammad Ichsan.

Dampak banjir juga terendamnya jalan Nasional Simpang Kanan-Subulussalam, kemudian ratusan rumah warga, fasilitas-fasilitas umum, lahan sawah masyarakat, ternak, tanaman serta longsor di bahu jalan Lipat Kajang hingga menyebabkan tiang listrik rubuh. 

Namun, sebut Ichsan, kerusakan-kerusakan infrastruktur masih proses pendataan tim. 

Upaya yang sudah dilakukan pihak BPBD terus berkoordinasi dengan kecamatan, aparatur desa dan TNI/Polri. TRC BPBD saat ini juga terus standbay di lokasi.

BPBD juga sudah menurunkan satu unit ruber boat ke Kecamatan Singkil Utara dan Kecamatan Gunung Meriah dan menyerahkan bantuan masa panik untuk dapur umum swadaya masyarakat di Kecamatan Suro.

"Saat ini kondisi di sejumlah desa yang dilanda banjir aman dan terkendali. Bahkan sebahagian besar banjir di beberapa desa juga sudah berangsur-angsur surut dan berharap tetap waspada bila kondisi cuaca kembali ekstrim," ujarnya. 

Banjir terjadi karena meluapnya tiga sungai di daerah itu, yakni Sungai Ordi, Sungai Sulampi dan Sungai Cinendang yang bermuara ke Sungai Singkil.(Ahmad)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Banjir Yang Rendam 5 Kecamatan Aceh Singkil Sudah Berangsur Surut

Terkini

Topik Populer