terkini

Tim Kementerian Sosial RI sambangi gubuk reot Kartini

Pujo
2/24/22, 23:20 WIB Last Updated 2022-02-24T16:20:15Z
Aceh Timur - mediaadvokasi.id
Muspika kecamatan Pante Bidari Dampingi Perwakilan Kemensos RI kunjungi Rumah Kartini di desa Buket Bata kecamatan Pante Bidari kabupaten Aceh Timur, kamis 24 Februari 2022

Kartini (38) seorang wanita janda yang memilki tanggungan dua orang anak lelaki, anak yang pertama bernama Maulidan bin Zulkifli (ALM) berusia 20 tahun, sedangkan anak keduanya bernama Sultan bin Ridwan berusia 13 tahun. 

Kartini yang baru delapan bulan menjadi warga desa Buket Bata kecamatan Pante Bidari kabupaten Aceh Timur viral di media sosial beberapa waktu lalu karena tinggal di gubuk reot yang tidak layak huni, dan juga ada satu orang anak Yatim yang tinggal di rumah tersebut.
Keuchik Gampong Buket Bata Zakaria kepada awak media ini mengatakan, ibu Kartini sudah dua tahun menetap didesa buket bata, namun baru delapan bulan ini Kartini menjadi sah warga desa Buket Bata karena sudah ada surat pindah dan sudah ada KK dan KTP di desa Buket Bata, ujarnya

Sebelumnya ibu Kartini merupakan warga desa Sahraja, setelah bercerai dengan suaminya ibu Kartini pulang ke rumah orang tuanya kedesa Buket Bata pada tahun 2020, dan diurus kependudukan di desa Buket Bata pada November 2021 kemarin, setelah satu tahun lebih menetap dirumah orang tua nya, beliau membangun gubuk sendiri, dan tinggal bersama dua orang anaknya, jelas Zakaria.

Terkait dengan tidak adanya data Kartini dalam DTKS, pada dasarnya kami memang sudah mengalokasikan dana desa untuk membeli henphone dan untuk biaya pelatihan pengisian data masyarakat miskin ke dalam aplikasi  SIKS-NG, tapi aplikasi tersebut tidak dapat kami akses, dan tidak hanya didesa Buket Bata, tapi semua desa tidak dapat membuka aplikasi tersebut, lagi pula Kartini baru 4 bulan ada KK dan KTP di desa Buket Bata, katanya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kartini saat ditanyai awak media ini, "setelah saya menikah pertama, saya tinggal di Leung angen ditempat suami saya yang pertama, setelah tujuh tahun menikah, suami saya yang pertama meninggal dunia, kami dikaruniai satu anak laki-laki yang sekarang sudah berumur 20 tahun, cerita Kartini.

Setelah saya hidup menjanda selama sepuluh tahun, saya menikah lagi dengan Ridwan dan saya pindah ke desa Sahraja bersama suami saya yang kedua, dari pernikahan saya yang kedua dikaruniai satu anak laki-laki juga dan sekarang sudah berumur 13 tahun, setelah saya bercerai dengan suami saya yang kedua, saya memilih pulang kerumah orang tua saya, sampai akhirnya saya memilih membuat Gubuk sendiri, dan tinggal di gubuk ini bersama dua anak saya sudah hampir satu tahun, jelasnya.

Camat Pante Bidari M.Jamil. S.Pd.M.Pd mengucapkan Terima kasih kepada pemerintah kabupaten Aceh Timur yang sudah turun langsung ke desa Buket Bata.

"Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi pemerintah Aceh timur terutama Bapak bupati H.Hasballah bin H.M.Taib yang sigap turun langsung melihat kondisi rumah Kartini di desa Buket Bata paska di kunjungi oleh PSM dari Aceh Utara, sebelumnya kami dikecamatan Pante Bidari memang tidak ada informasi terkait ibu Kartini, ujarnya

"Kami juga mengapresiasi atas kehadiran Tim dari kementerian sosial republik Indonesia ke desa Buket Bata, semoga dengan kehadiran Tim dari Kemensos RI hari ini dapat membantu meringankan beban Kartini, katanya

Lanjutnya, "Kami juga menghimbau kepada seluruh Keuchik untuk mendata dan melaporkan warga miskin di desa desa ke kasisos di kantor Camat, supaya kami ditingkat kecamatan ada data untuk kami laporkan ke kabupaten, jangan nunggu viral baru sibuk pemerintah desa menyiapkan data masyarakat miskin, inilah tanggung jawab kita sebagai pemerintah desa, kata M.Jamil Kepada media ini dirumah Kartini.

Dinsos Aceh Timur melalui Kabid pemberdayaan sosial Muhammad yang ditemui media ini menjelaskan, "kami di Dinsos tidak tahu kalo tidak ada laporan dari desa dan kecamatan terkait dengan adanya warga miskin, bukan kami tidak peduli dengan kondisi warga miskin, makanya kita selalu minta data Fakir Miskin dari kecamatan, apalagi ibu Kartini ini baru delapan bulan tinggal di gubuk sendiri, katanya

Setelah kami ketahui, kami langsung turun kelapangan untuk meninjau kebenaran informasi tersebut, setelah kami turun, kami sudah mendapatkan data data akurat, dan kami laporkan kepada pimpinan untuk diteruskan ke Kemensos RI, dan hari ini sudah turun Tim dari kementerian sosial RI ke rumah ibu Kartini, sebutnya

Terkait dengan data ibu Kartini yang belum masuk dalam DTKS, kita akan minta operator desa untuk memasukkan data nya ke dalam DTKS agar ada nya id DTKS, supaya pemerintah Aceh timur melalui Dinas sosial bisa mengajukan ibu Kartini sebagai peserta program keluarga harapan (PKH) atau untuk bisa mendapatkan bantuan pangan non tunai (BPNT). sebutnya.

Tim kementerian sosial RI Suratman yang membidangi analisis Kebijakan Muda di kemensos RI mengatakan, "kenapa Kemensos RI baru merespon setelah viral di medsos", "Kami tidak tau Secara pasti terkait dengan kondisi warga miskin, karena ibu Kartini tidak ada data dalam DTKS, yang lebih tahu itu dinas sosial kabupaten, kenapa ini tidak ada data dalam DTKS, kedepannya kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi, semua Masyarakat miskin itu harus didata dalam DTKS. Katanya

Terkait dengan langkah tim kementerian sosial RI setelah turun dan melihat langsung kondisi rumah ibu Kartini, "kami akan menyampaikan ini semua Kepada pimpinan kami, (ibu Mentri) nanti kita tunggu instruksi selanjutnya, kami tidak bisa berkomentar terlalu jauh, yang jelas kedatangan kami hari ini, adalah bentuk kepedulian kementerian sosial RI terhadap warga miskin, dan kami ambil semua data data yang dibutuhkan, dan kami melaporkan nya kepada pimpinan, tutur Suratman.

Hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut, Camat Pante Bidari M.Jamil.S.Pd. M.Pd. Kapolsek Pante Bidari Iptu JM.Tambunan, bhabinkamtibmas Fery, danramil Pante Bidari, Muhammad Kabid pemberdayaan sosial, Gobid Kabid reksos, perwakilan Balai Insaf Medan, Tim kementerian sosial RI. Suratman, Restu. Keuchik Gampong Buket Bata Zakaria, mantan TKSK Abdullah Husen T.Muda.

Reporter: ZAS
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Kementerian Sosial RI sambangi gubuk reot Kartini

Terkini

Topik Populer