terkini

Jelang Ramadhan, Kemenag Aceh Singkil Salurkan Zakat Pada Ratusan Mualaf, Fakir Miskin dan Siswa Kurang Mampu

Pujo
3/30/22, 21:17 WIB Last Updated 2022-03-30T14:17:33Z
Aceh Singkil-mediaadvokasi.id 
Jelang Bulan Suci Ramadhan 1443 H Ratusan para Mualaf, Fakir miskin atau Fisabilillah serta Siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu di Kabupaten Aceh Singkil mendapatkan bantuan zakat

Bantuan zakat tersebut berasal dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Singkil. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Aceh Singkil Saifuddin SE, ketika dikonfirmasi Rabu 30/3/2022 mengatakan, bantuan zakat ini ditujukan kepada para mualaf, Fakir miskin, atau Fisabilillah serta siswa-siswi yang berprestasi dan kurang mampu. 

"Para mualaf sebanyak 29 jiwa, fakir miskin atau fisabilillah sebanyak 120,dan siswa-siswi 89 orang.total ada sebanyak 238 orang yang mendapatkan zakat pada hari ini," kata Saifuddin


Dijelaskannya, selain Mualaf yang baru, zakat juga disalurkan kepada fakir miskin serta fisabilillah atau siswa berprestasi dan kurang mampu.

“Untuk mualaf yang baru jadi mualaf karena sebagai pembinaan yang baru. Kemudian siswa-siswi Madrasah yang berprestasi yang kurang mampu dan yang akan melanjutkan kuliah,” terang Saifuddin


Lebih lanjut Safruddin mengatakan, Kegiatan ini sudah terlaksana selama 2 tahun menjelang Ramadhan. Masing-masing penerima mendapat uang tunai Rp1 juta.

Adapun sumber dana zakat tersebut, melalui dari pengahasilan ASN Kemenag yang dipotong setiap bulannya, dan besaran nilainya 2,5 persen dari gaji, sebagai zakat profesi.

"Zakat ini berasal dari pengahasilan Pegawai Kemenag yang diantaranya para guru madrasah dan pegawai KUA seluruh kecamatan.jika ditotalkan ada sekitar mencapai Rp.300 juta," Katanya. 


Disebutkannya, Pegawai Kemenag yang tersebar seluruh Aceh Singkil ada sekitar 135 orang, alhamdulillah nishabnya berzakat pada hari ini telah sampai. 


Disamping menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H, penyaluran zakat ini dilaksanakan sebagai syiar islam dan kebaikan sehingga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga dengan penyaluran zakat ini menambah keberkahan amal ibadah serta pahala bagi pegawai di Lingkungan Kemenag setempat,"sebutnya.


Penyaluran zakat yang hampir mencapai sekitar Rp 300 juta itu diserahkan langsung oleh Kakan Kemenag Saifuddin, Ustadz Khalidin selaku penceramah, serta Pejabat Kemenag lainnya, yang berlangsung di Gedung PLHUT (Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu) Kemenag Aceh Singkil. (Ahmad)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Ramadhan, Kemenag Aceh Singkil Salurkan Zakat Pada Ratusan Mualaf, Fakir Miskin dan Siswa Kurang Mampu

Terkini

Topik Populer