terkini

Sambut Ramadhan 1443 H, Masyarakat Sinar Tungkal Lakukan Sedekah Receh

Ahmad Jahri
4/02/22, 00:32 WIB Last Updated 2022-04-01T17:50:36Z

MUBA, MA- Indahnya berbagi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H Tahun 2022 masyarakat Desa Sinar Tungkal, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Melakukan sedekah receh, Jumat malam (01/04/22).

Kepala Desa Sinar Tungkal Indra Gunawan mengatakan, sedekah receh merupakan salah satu tradisi masyarakat Sinar Tungkal biasanya dilakukan ketika hari-hari tertentu salah satunya menjelang bulan Ramadhan.

"Sedekah receh artinya masyarakat Desa Sinar Tunggal mendatangi dan membagikan celengan atau tabungan ke rumah-rumah, lalu diisi oleh uang receh oleh warga yang ingin bersedekah," ujar Indra.

Lanjutnya, kurang lebih setahun sedekah receh telah berjalan, lalu uang tersebut dikumpulkan dan belikan Sembako yang nantinya di berikan untuk warga Sinar Tunggal yang memang membutuhkan dan 10% akan di berikan pada anak yatim saat menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

"Alhamdulillah sebanyak 15 keluarga Penerima Manfaat (KPM) seperti sakit menahun, Putus pekerjaan dan janda lansia telah mendapatkan bantuan dari hasil sedekah receh itu," ungkap Indra.

Indra berharap agar tradisi sedekah receh di desanya dapat dilestarikan, sehingga keluarga yang benar-benar  membutuhkan dapat sedikit terbantu di saat menjelang bulan suci Ramadhan.

"Terimakasih untuk semua masyarakat Desa Sinar Tungkal yang telah menyisihkan uang receh nya, muda-mudahan apa yang kita lakukan menjadi suatu amal kebaikan. Saya atas nama Pemerintah Desa Sinar Tunggal mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan 1443 H, Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga di bulan yang penuh rahmat ini, kita senantiasa mendapatkan kesehatan, keselamatan, dan keberkahan dari Allah SWT," tutup Indra. (JR)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sambut Ramadhan 1443 H, Masyarakat Sinar Tungkal Lakukan Sedekah Receh

Terkini

Topik Populer