terkini

Sulawesi Tengah Sampaikan 10 Pesan Ramadhan Pertama.

4/03/22, 22:31 WIB Last Updated 2022-04-03T15:31:51Z

   Jamaah Masjid Agung Al-Mubaraq.




TOLI TOLI SULAWESI TENGAH MA---Malam pertama Ramadhan Sabtu 2 April 2022, Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya melaksanakan shalat Isya dan Shalat Tarawih bersama jamaah Masjid Agung Al-Mubaraq Toli Toli, Sebelum shalat Tarawih, Bupati menyampaikan 10 pesan moral Ramadhan meng namakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli di hadapan seluruh jamaah. 

Dalam sambutannya Bupati Tolitoli mengingatkan  masih harus terus waspada dengan penyebaran virus corona utamanya virus varian baru, "kita harus selalu menjaga diri dengan tetap patuh pada protokol kesehatan dan itu tetap tidak mengurangi nilai ibadah kita di bulan yang penuh berqah ini"Ujar Amran Hi Yahya, di Mejid Agung Al-Mubaraq, Sabtu Kemarin.

Selain itu Bupati menyampaikan beberapa pesan moral tentang langkah dan kegiatan yang perlu dilakukan selama menjalankan ibadah bulan  Ramadhan 1443 Hijriyah, pertama saling maaf-memaafkan  untuk membersihkan jiwa dari segala dosa yang terjadi  akibat adanya kesalahan dan kekhilafan  sepanjang berinteraksi  sebagai sesama hamba Allah.

Kedua persiapkan diri secara maksimal melalui aspek ruhiyah, fikriyah mental, fisik dan materi,  "Aspek ruhiyah  dapat dipersiapkan dengan memperbanyak ibadah seperti qiyamullail, shalat tarawih, membaca Alqur’an, i’tikaf, berdzikir, berdo’a dan sebagainya,  persiapan fikriyah bisa dengan mendalami ilmu  terutama yang terkait ibadah Ramadhan, persiapan mental juga perlu dilakukan  agar dibulan ini bisa menjadi momentum memperbaiki diri"Papar Amran.

Lanjut Bupati, momen ini juga dapat menghilangkan penyakit batin seperti fitnah, dengki, takabur, dan lain-lain,  sedangkan  aspek fisik dan materi dapat diperkuat dengan senantiasa menjaga kesehatan, juga materi yang cukup untuk menunjang ibadah. Ketiga luruskan dan kuatkan niat untuk memanfaatkan bulan Nan Suci ini, insyaAllah  tahun ini menjadi lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya  seraya meninggalkan semua perbuatan dosa terhadap 


Allah SWT,

Keempat, Timbulkan  niat untuk melaksanakan zakat fitrah  serta menuntaskan pembayaran zakat Mal agar rangkaian ibadah wajib kita  bisa terlaksana dengan lengkap dan sempurnah. "Salurkan Zakat ke lembaga Amil yang dikelola pemerintah agar zakat yang terhimpun bisa menjadi kekuatan finansial yang besar untuk  usaha memperbaiki kehidupan sosial ummat islam. Perlu juga meningkatkan aktivitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa  serta terlibat aktif dalam kegiatan sosial dalam mensyiarkan  Syiar Islam,

Kelima, selektif menonton tayangan televisi  serta akun-akun di media sosial yang meskipun temanya bernuansa Islam akan tetapi  terkadang isinya mengganggu kekhusukan dalam menjalankan ibadah. Ajak anggota keluarga untuk menghidupkan bulan Ramadhan dengan berbagai aktivitas bermanfaat. 

Keenam kepada generasi muda  agar tidak menyia-nyiakan kesempatan bulan suci  Ramadhan ini dengan perbuatan yang  bermanfaat yang tidak mencelakakan diri sendiri, ajak remaja lain untuk makmurkan masjid dengan berbagai kegiatan utamanya  shalat fardhu berjamaah dan ibadah sunnah lainnya. 

Ketujuh ibadah puasa  jangan dijadikan sebagai alasan mengurangi produktivitas untuk bekerja hanya karena rasa lapar dan dahaga tapi jadikanlah ibadah puasa  sebagai dorongan motipasi   untuk meningkatkan produktifitas,  karena setiap amal baik yang kita laksanakan pada bulan suci ramadan ini sebagai ibadah yang mendapat pahala besar di sisi Allah SWT. 

Kedelapan  kepada pemilik warung-warung makan, restoran, warung kopi dan lainnya  agar mematuhi aturan yang berlaku dengan tidak berjualan pada pagi hingga sore hari  selama bulan Ramadhan ini, demikian pula kepada pemilik tempat-tempat hiburan  agar secara bijak tidak menggelar aktivitas hiburan selama bulan suci Ramadhan.

Kesembilan kepada para ulama, da’i, tokoh masyarakat dan para pemuda  saya imbau untuk menjaga kedamaian  dan harmonisasi kehidupan masyarakat  dengan menyampaikan pesan-pesan menyejukkan, menyentuh hati  dan menghindari perbedaan pendapat  dalam melaksanakan ibadah.

Kesepuluh  kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Tolitoli, Bupati menegaskan agar tidak menjadikan Ramadhan ini untuk bersantai  apalagi bermalas-malasan, sebaliknya mari  tunjukkan kinerja yang baik dan tingkatkan amal ibadah  sehingga pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat dapat semakin optimal"Tutup Amran Hi Yahya selaku Bupati Toli Toli.

Pesan-pesan moral dari Pemda Kabupaten Tolitoli itu juga turut disampaikan oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan di Masjid Mujahidin, Minggu 3 April 2022. Demikian halnya Sekretaris Daerah Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg.  Mallawa SE, Asisten Sekretaris Daerah bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Muh. Nur Munawar, serta seluruh jajaran pemerintahan Toli Toli di beberapa Mesjid menyampaikan hal yang sama.

Demikian pula pesan moral Bulan Ramadhan,  Asisten Sekretaris Daerah bidang Administrasi Umum Usman Taba,  SE, SH,. MM di Masjid Ta'mir Lonti, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik diwakili Kepala Bagian Hukum Mulyadi Dg. Silasa, SH.,MH di Masjid Al-Fattah Panasakan, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi dan  Pembangunan Ellyah Sagala, SP di Masjid Nurul Bahri Kampung Pajala, dan Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Ir. Safriyati Datuamas di Masjid Baabussalam Pelabuhan Dedek.(am)


Reporter.   :  *ASRIATI*

Foto : *IRFAN BADARUDDIN*

(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sulawesi Tengah Sampaikan 10 Pesan Ramadhan Pertama.

Terkini

Topik Populer