terkini

Camat Blangpegayon Hadiri Zoom Meeting Calon Kampung Proklim Bener Baru

Pujo
7/30/22, 18:04 WIB Last Updated 2022-07-30T11:04:39Z
Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Kampung Bener Baru Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues, dipilih sebagai tempat zoom meeting dihadiri oleh Muspika Blangpegayon Kamis (28/7/2022).

Pengulu Bener Baru Suhirman mengatakan, yang dibahas titik pertama sumber mata air, penanaman vetegasi di sumber mata air, penghijaun, tanaman tumpang sari, pola tanam, pemanpaatan pupuk organik, penggunaan solar sel.

'Pengolahan tanam pangan seperti, tebu, jagung, serta padi, tanaman perkarangan rumah atau hawa tani, pertanian terpadu pemilahan sampah dan pengirimn sampah pada TPA tempat pembuangan akhir,'' jelasnya.

Pada saat zoom meeting dipantau langsung oleh desa Sangir Kecamatan Dabun Gelang, Pertik Kecamatn Pining, Tetingi Kecamatan Pantan, Suri Musara Kecamatan Pantan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gayo Lues, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh dan Muspika Kecamatan Blangpegayon.

Ketua Kelompok Kerto Cane Syaripudin menjelaskan mengenai ketahan pangan, salah satu menjadi bahan andalan Kampung Bener Baru yang dapat mendongkrak perekonomian masyrakat tanaman pangan lainya, namun yang paling ditonjolkan walaupun hasil tebu dan hasil produk olahan masih setengah jadi berupa Moluse (bahasa Gayo Manisen) Moluse diolah menjadi timpan dan kepang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gayo Lues Kasimuddin, melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Khairul Anwar, S. Hut. MP, Mengatakan, Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. Dalam pertauran menteri tersebut juga disinnggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa. Kampung Bener Baru Kecamatan Blang Pegayon salah satu kampung masuk dalam nominasi Proklim Utaman Nasional tahun 2022," Sebutnya 

Kegiatan Gotong Royong kali ini masuk dalam katagori penguatan kelembagaan, gotong royong hari ini juga disamping mempersiapkan pelaksanaan Verifikasi Proklim Utama Nasional pada awal agustus 2022 nanti, aksi bersih-bersih ini lebih diarahkan pada penanganan sampah plastik, karena pelastik dapat mempengaruhi keberadaan lingkungan.

Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli saat ditanya awak media Sabtu (30/7/2022) membenarkan telah menghadiri simulasi zoom meeting mengenai kampung Proklim, kelompok tani Kerto Cane menjelaskan langsung tentang persiapan kampung Bener Baru sebagai calon kampung Proklim juga langsung dipantau oleh tim dari Lingkungan Hidup Aceh dan Lingkungan Hidup Kabupaten Gayo Lues dan Muspika Kecamatan Blangpegayon. (Gunawan). 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Camat Blangpegayon Hadiri Zoom Meeting Calon Kampung Proklim Bener Baru

Terkini

Topik Populer