terkini

Rumah Warga di Silatong Aceh Singkil Terancam Roboh Oleh Abrasi

Pujo
8/04/22, 18:44 WIB Last Updated 2022-08-04T11:44:42Z


Aceh Singkil-mediaadvokasi.id
Akibat hujan terus menerus yang terjadi beberapa hari terakhir serta luapan air Sungai Cinendang, menyebabkan daratan dikawasan Desa Silatong Kecamatan, Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil mengalami Abrasi

Abrasi itu telah meluas ke sekitar rumah pemukiman warga dan mengancam rumah penduduk  mengalami Ambruk dan Roboh. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Silatong Kecamatan Simpang Kanan,  Kabupaten Aceh Singkil Habibi Bancin ketika dikomfirmasi melalui Headphonenya Kamis 4 Agustus 2022.


Hasbi mengatakan, abrasi yang terjadi di desanya itu sudah terjadi sejak lima tahun terakhir. dan setiap tahunya kondisinya semakin parah. dan jika itu terus dibiarkan, serta kembali mengalami pengikisan kondisi rumah warga akan  roboh.

Sebab,  Kata Habibi, Kondisi  saat ini yang terjadi di desanya itu. sudah sekitar 1 meter  lagi dapur rumah warga akan terkena abrasi.

" 1 meter lagi dapur rumah warga setempat terkena abrasi dan bakal ambruk atau roboh,"ucapnya.

Pemkab Aceh Singkil agar bisa segera melakukan penanganan kawasan itu. “Yakni dengan membangun bronjong untuk mencegah erosi atau abrasi sungai tersebut, jangan sampai menunggu rumah penduduk ambruk, "tegasnya.

Kareana, language Habibi, bantaran sungai yang berada persis dibelakang rumah penduduk di Desa Silatong tersebut sudah terkikis sekitar sejauh 9 meter.

Dulu halaman belakang rumah warga masih ada sekitar 10 meter, sekarang ada yang tinggal 1 meter dan ada pula masih 3 meter.

“Dan pengikisan daratan pemukiman penduduk ini katanya, sudah terjadi sejak 2017 lalu, dan terus meluas sampai sekarang,” Untuk itu saya (Habibi) meminta Pemerintah setempat harus gerak cepat untuk mencegah ini, "tutupnya (Ahmad)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rumah Warga di Silatong Aceh Singkil Terancam Roboh Oleh Abrasi

Terkini

Topik Populer