terkini

Sambut HUT RI ke 77, Kampung Durin Gelar Perlombaan Tradisional

Pujo
8/18/22, 12:01 WIB Last Updated 2022-08-18T05:01:48Z
Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 Kampung Durin, Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues menggelar berbagai perlombaan tradisional, Rabu (17/08/22) di halaman masjid setempat.

Pengulu Kampung Durin Erwansyah mengatakan, perlombaan tradisional ini digelar dalam rangka menyambut HUT RI ke 77 tahun 2022. Dengan semarak HUT RI ini juga untuk memperkokoh silaturahmi baik sesama masyarakat di kampung Durin maupun dengan masyarakat yang ada di sekitar Kampung Durin. Hal ini dibuktikan dengan para peserta yang ikut dalam perlombaan tersebut ada yang berasal dari kampung tetangga. 

Erwansyah mengatakan, perlombaan tradisional ini diikuti oleh segala Usia mulai dari anak-anak, kaum ibu, dan kaum bapak- bapak. Seperti tarik tambang diikuti oleh kaum ibu-ibu, panjat pinang diikuti oleh kaum bapak, dan lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan lomba balap kelereng diikuti oleh anak-anak. 

" Kegiatan perayaan HUT RI sudah menjadi tradisi dan budaya di Indonesia dengan tujuan selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat melestarikan perlombaan tradisional," ujar Erwansyah.

Sementara itu salah seorang warga Kampung Bacang Ramli Lubis mengapresiasi kegiatan perayaan yang diselenggarakan oleh Kampung Durin, pasalnya tahun ini tidak setiap kampung merayakannya. Perlombaan tradisional dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ini memiliki sisi positif, selain untuk menjalin silaturahmi sesama masyarakat, menguatkan tradisi dan budaya serta melestarikan perlombaan tradisional juga untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan yang gugur di medan perang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Saya selaku masyarakat mengapresiasi bapak Pengulu yang telah menyelenggarakan perlombaan tradisional ini, perlombaan tradisional ini tidak boleh hilang di tengah masyarakat. Inilah ciri khas Indonesia dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia," kata Ramli Lubis. (Gunawan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sambut HUT RI ke 77, Kampung Durin Gelar Perlombaan Tradisional

Terkini

Topik Populer