terkini

3000 Mangrove Ditanam Klaster di Perairan Sungai Bengawan Donan .

9/16/22, 14:40 WIB Last Updated 2022-09-16T07:40:19Z



Cilacap,MA–PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap yang merupakan unit usaha dari PT Semen Indonesia (Persero)  Tbk atau  SIG, bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten Cilacap, TNI Angkatan Laut, pelajar, relawan mangrove dan masyarakat melakukan penanaman pohon mangrove di area sekitar perairan Sungai Bengawan Kalidonan, di wilayah Depok, Kelurahan Karangtalun, Kecamatan Cilacap Utara, Jumat, 16 September 2022. 


“Kegiatan penanaman mangrove bersama merupakan langkah nyata dari semua pihak baik unsur masyarakat, swasta dan instansi pemerintah untuk melestarikan lingkungan dan menciptakan ekosistem perairan Sungai Bengawan Kalidonan. Hal ini karena ekosistem perairan yang sangat penting untuk keseimbangan dan daya dukung lingkungan untuk tetap lestari“,  ungkap Sri Murniyati,  ST. MM,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap.


Kegiatan penanaman diikuti lebih dari 250 peserta dengan menanam jenis mangrove Rhizophora Mucronata yang sangat cocok untuk habitat di sekitar perairan Sungai Bengawan Kalidonan, yang memiliki karakteristik sebagai kawasan muara sungai dengan pertemuan air laut dan air tawar serta dekat dengan pantai yang terpengaruh pasang surut air laut. 


Dewi Hestyani, Community Relations Manager SBI Pabrik Cilacap mengatakan, untuk meningkatkan angka harapan hidup penanaman mangrove dilakukan dengan sistem clustering atau bergerombol, dengan menanam lima pohon mangrove dalam satu lubang tanam. Metode ini meningkatkan ketahanan agar mangrove tidak terhempas oleh gelombang pasang surut pantai selatan yang cukup deras. Sedangkan lubang tanam dibuat sedalam 40 cm dengan jarak antar lubang sejauh 1,5 meter.


Lebih lanjut , Sri Murniyati menjelaskan bahwa penanaman mangrove memberikan banyak manfaat bagi lingkungan antara lain menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai, penyerapan gas karbon dioksida dan penghasil oksigen, tempat hidup biota laut seperti ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan serta fungsi fisiknya yaitu menjaga garis pantai agar tetap stabil serta menjaga lingkungan demi kehidupan yang lebih baik.


Untuk menjaga lingkungan demi kehidupan yang lebih baik, selain menanam pohon banyak hal lain yang bisa dilakukan seperti mengolah sampah rumah tangga untuk dijadikan bahan bakar alternatif. Hal ini telah dilakukan oleh Solusi Bangun Indonesia melalui pemanfaatan sampah kering sebagai bahan bakar pengganti batu bara. Upaya ini telah menghantarkan SBI memperoleh penghargaan 2nd Runner Up pada ASEAN Energy Award 2022 sebagai perusahaan besar yang telah menerapkan manajemen energi dalam proses kegiatan usahanya, Kamis 15 September 2022.   


Metode tanam mangrove secara clustering pernah dilakukan dan hampir 90% mangrove bertahan dan tumbuh dengan normal, meskipun hempasan ombak pantai selatan cukup deras. 


"Kami berharap dengan ketinggian pohon kurang lebih dari satu meter yang ditanam pada hari ini, membantu ketahanan mangrove untuk tetap tumbuh. Kami juga memberikan pelatihan cara menanam dan merawat mangrove kepada masyarakat yang akan terlibat oleh ahli mangrove, yang dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok Kelurahan Karangtalun sebelum pelaksanaan penananaman“, ujar Dewi.


“ Penanaman ini adalah langkah nyata atau upaya bersama untuk mengembangkan area konservasi mangrove di pesisir Karangtalun serta potensi untuk menjadi ekowisata alam yang menarik bagi wilayah kami “ harap Sunarti S.STP MM, Camat Cilacap Utara disela-sela kehadirannya dan turut serta menanam mangrove. (Pour).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 3000 Mangrove Ditanam Klaster di Perairan Sungai Bengawan Donan .

Terkini

Topik Populer