terkini

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau Buka Kegiatan Latihan Menembak Di Lingkungan UPT Pemasyarakatan Riau.

10/30/22, 10:03 WIB Last Updated 2022-10-30T03:03:30Z

Pekanbaru,MA-Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi jajaran petugas pemasyarakatan di Riau, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau mengadakan kegiatan latihan menembak untuk jajaran petugas pemasyarakatan se-Wilayah Riau, Sabtu (29/10).


Kegiatan latihan menembak ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Riau. Bertempat di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau, kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB dengan diawali dengan pelaksanaan apel yang di pimpin langsung oleh Kadivpas Riau, Mulyadi.


Dalam pidatonya, Kadivpas menyampaikan kepada jajaran untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. "Kita mengagendakan kegiatan ini dengan maksud untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya dibidang penggunaan alat pendukung yakni senjata api dalam kita menjalankan tugas sebagai petugas pemasyarakatan, untuk itu kami harap seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, ikuti dan amati arahan instruktur selama proses pelatihan," buka Mulyadi dalam pidatonya.


Setelah apel, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pengarahan oleh instruktur dari pihak kepolisian kepada seluruh peserta. Instruktur memaparkan rangkaian dan tata cara pelaksanaan kegiatan pelatihan menembak kali ini. Para peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh UPT Pemasyarakatan se-Wilayah Riau termasuk pejabat struktural mengikuti pengarahan dengan antusias. Selanjutnya, setelah penyampaian pengarahan oleh instruktur kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan latihan menembak. Kadivpas bersama pejabat struktural divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau dan perwakilan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemasyarakatan Riau yang hadir mendapat kesempatan pertama melakukan pelatihan menembak. "Jangan anggap remeh pelatihan ini meskipun ada diantara kita yang sudah mampu menggunakan senjata api dengan baik, tetap laksanakan kegiatan dengan baik karena hal ini menjadi sangat penting dalam pelaksanaan pengamanan oleh petugas pemasyarakatan untuk menghadapi situasi genting seperti percobaan pelarian, perlawanan, kerusuhan antar narapidana atau tahanan, penyerangan dari luar serta kemungkinan gangguan kamtib lainnya", tegas Mulyadi.


Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi beberapa sesi yakni sesi latihan menggunakan senjata api laras pendek dan laras panjang. Peserta mengikuti pelatihan dengan semangat dan antusias. Sebelum kegiatan diakhiri, Kadivpas menyampaikan apresiasi kepada peserta dan jajaran kepolisian daerah Riau. "Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para instruktur dan seluruh jajaran petugas kepolisian daerah Riau yang telah bersedia mendukung penuh berbagai kegiatan Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau khsusnya pada pelatihan menembak kali ini, kami berharap sinergitas ini dapat terus terjaga dengan baik kedepannya", tutup Mulyadi mengakhiri kegiatan.(A-R).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau Buka Kegiatan Latihan Menembak Di Lingkungan UPT Pemasyarakatan Riau.

Terkini

Topik Populer