terkini

Camat Blangpegayon Berikan Arahan pada Pelatihan TP-PKK Kampung

Pujo
3/18/23, 21:13 WIB Last Updated 2023-03-18T14:13:47Z
Gayo Lues - Mediaadvokasi.id 
Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Aparatur TP_PKK Kampung Se-Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues dihadiri oleh Ratusan Peserta TP PKK, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kab. Gayo Lues, Ibu Sartika Mayasari, SSTP, MA.dan empat Nara Sumber Ir. Rusmiati, Drs. Dedi M Yasin, Dra. Buk Ismi, Dr. Sabran berlangsung di Aula Kantor Camat setempat Kamis (16/3/2023).

Dalam sambutannya Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli mengatakan, tujuan pelatihan mutu kader selain untuk mensinkronkan program PKK antara Kabupaten hingga desa, juga untuk meningkatnya motivasi para kader dalam melaksanakan kegiatan, pengetahuan dan keterampilan para masyarakat di desa Kampung masing- masing.

"Saya berharap agar ilmu yang diperoleh dari kegiatan pelatihan TP-PKK Kampung ini dapat bermanfaat dan berguna. Sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan. Peserta nanti nya agar dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat sekitar tempat kita tinggal," ujarnya.

Betul-betul Pelatihan ini dapat memberikan nilai manfaat yang besar bagi kita semua dalam upaya kita membentuk dan membina usaha keluarga yang berkelanjutan dan sejahtera.

Nara Sumber Pelatihan TP PKK Ir. Rusmiati menjelaskan tentang Dasa Wisma serta Peraktek Pengisian Buku 6 PKK Kampung. Tujuan das wisam untuk membantu kelancaran tugas pokok dan program PKK Kampung dan khusus terhadap kemungkinan terjadinya masalah kesehatan dan penyakit yang akan merugikan bahkan mengancam masyarakat.

"Masalah Kesehatan Dari Anggota Dasa Wisma PKK diantaranya usaha perbaikan gizi keluarga, akanan sehat bagi keluarga ➤ Masalah pertumbuhan anak, masalah kesehatan ibu, bayi, dan balita, masalah penyakit, masalah kebersihan lingkungan, masalah bencana dan kondisi gawat darurat kesehatan termasuk resikonya," jelasnya.

Tugas bulanan menjadi ketua dasa wisma antara lain, pendataan lampit (lahir, meninggal, pindah dan datang) melakukan pergerakan kepada anggota dasa wisma pada kegiatan.

Masyarakat (kerja bakti, pengajian dan lain-lain) berperan aktif dalam menyampaikan informasi kepada anggota dasa wisma

dengan mengakses media social TP. PKK dan pusat data informasi keluarga, pendataan ibu hamil, melahirkan, nifas, dan kematian bayi dan balita.

Adapun program kerja dasa wisma Program Kegiatan Partisipatif yakni posyandu, cek kesehatan lansia, bina keluarga balita, perikunan (kematian, kelahiran, sakit), rapat PKK Kampung, kerja bakti dan senam (GerMas).

Sementara itu Narasumber selanjutnya Dra Ismiwati Wahab, M.Pd menjelaskan, Tugas Pokja III, memantapkan gerakan amal dan kukuhkan halaman, asri, teratur, indah dan nyaman dalam pemenuhan kebutuhan pangan keluarga. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga melalui penganekaragaman tanaman dan pangan, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan beragam bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal, berperan dalam kegiatan penyedian makanan tambahan anak sekolah, sosialisasi memanfaatkan sumberdaya energi dan Teknologi Tepat Guna untuk efektifitas dan efesiensi kerja.

Meningkatkan produktifitas penggunaan bahan sandang dalam negeri, pengembangan dan sosialisasi rumah sehat dan layak huni sebagai upaya terwujudnya kualitas hidup keluarga.

Dikatakan, program perumahan dan tata laksana rumah tangga adalah pemanfaatan sumber daya energi dan teknologi tepat guna (TTG) dalam mendukung kebutuhan dan sarana dan prasarana dalam rumah tangga Sosialisasi rumah sehat layak huni melalui pembinaan, keluarga sehat, Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang tata laksana rumah tangga dalam harmonisasi kehidupan keluarga, Mendukung pelaksanaan program bedah rumah dalam upaya rumah sehat layak huni bagi keluarga pra sejahtera," jelasnya. (Mahara). 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Camat Blangpegayon Berikan Arahan pada Pelatihan TP-PKK Kampung

Terkini

Topik Populer