terkini

Pemerintah Kabupaten Melalui Disdukcapil Menggelar Sosialisasi Penerapan IKD

Pujo
4/18/23, 22:05 WIB Last Updated 2023-04-18T15:06:11Z

Aceh Tamiang—mediaadvokasi.id 
Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tamiang menggelar sosialisasi penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Kegiatan tersebut di laksana Aula Setdakab pada Selasa (18/04/2023).

Kegiatan sosialisasi penerapan Identitas Kependudukan Digital, dibuka langsung Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, yang di damping Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ir. Adi Darma, M.Si.

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman mengatakan," seiring berkembangnya teknologi penerapan dokumen digital sangat penting terlebih saat ini sudah dilakukan penerapan SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik).

“Dokumen digital ini sangat penting, bukan hanya diluar negeri tapi juga di Indonesia. Mulai dari dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kematian serta surat keterangan lainnya yang sudah berbasis elektronik," ucap Pj Bupati Meurah.

“Sekarang ini, jaman semakin mudah dengan digital. Betapa pentingnya KTP elektrik. Dengan adanya Identitas Kependudukan Digital (IKD) masyarakat akan lebih mudah ketika melakukan transaksi pelayanan publik atau privat hanya melalui handphone.

Meurah Budiman menambahkan," Sosialisasi ini perdana, menyasar para Kepala OPD dengan tujuan untuk lebih dahulu bisa menerapkan di instansi masing-masing. Untuk itu saya mengharapkan kepada ASN mengambil peran terdepan dalam penerapan e-digital. Kiranya program IKD ini bisa diterapkan dimulai dari ASN dan anggota keluarga," harapan Meurah Budiman.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tamiang, Ir. Adi Darma, M.Si, menyampaikan," upaya mensukseskan program Dukcapil Go Digital yang telah dilakukan secara bertahap.

“Dengan adanya IKD, akan memudahkan penggunanya untuk mengakses data diri berupa KTP, KK serta dokumen lainnya yang akan segera terintegrasi seperti NPWP, Kartu ASN, KIS, Kartu Vaksin dan lainnya yang sedang dalam proses pengintegrasian NIK," Terang  Ir. Adi Darma.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tamiang menambahkan," saya bersama pegawai akan terus melakukan sosialisasi terhadap instansi dan seluruh lapisan masyarakat sehingga bisa menguatkan Identitas Kependudukan Digital. (Eri Efandi)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemerintah Kabupaten Melalui Disdukcapil Menggelar Sosialisasi Penerapan IKD

Terkini

Topik Populer