terkini

Dinkes Gelar Pertemuan dengan Puskesmas, Bahas Program Imunisasi

Pujo
6/12/23, 15:54 WIB Last Updated 2023-06-12T08:54:43Z
Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Dinas Kesehatan Gayo Lues menggelar pertemuan dengan jajaran Puskesmas untuk meningkatkan kapasitas petugas kesehatan dalam pencapaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) dan Universal Child Immunization (UCI) Desa. 

Pertemuan tersebut digelar selama dua hari yaitu pada tanggal 12-13 Juni 2023 di Hotel Arinova Blangkejeren. 

Ketua Panitia Ibu Marlina, S. Kep mengatakan, ini adalah kegiatan dari Dinas Kesehatan Gayo Lues untuk Program P2P khususnya program imunisasi.

Program Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) merupakan salah satu kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat di setiap Puskesmas. Program ini terdiri dari pencegahan terhadap penyakit menular dengan pemberian vaksinasi/imunisasi dan pemberantasan penyakit.

Tujuan dari program P2P diantaranya adalah meningkatkan upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan tidak menular namun kita khususkan ke program imunisasi.

Jumlah peserta sebanyak 100 orang dari 12 Puskesmas yang ada di Kabupaten Gayo Lues.  Puskesmas yang jauh terdiri dari 40 orang dan Puskesmas yang dekat berjumlah 60 orang.

"Masalah imunisasi, peningkatan kapasitas petugas imunisasi, peningkatan capaian imunisasinya di Puskesmas, capaian IDL nya di Puskesmas, dan juga kita adakan aplikasi ASIK (Aplikasi Sehat Indonesiaku) semua kegiatan program kita sekarang pelaporannya melalui online. Kita jelaskan kepada petugas apa itu aplikasi ASIK, bagaimana bentuk laporannya, bagaimana cara penginputannya itu kita jelaskan kepada Puskesmasnya," ujar Ibu Marlina.

Aplikasi Sehat Indonesiaku adalah aplikasi terpusat yang digunakan untuk input dan monitoring data perkembangan pasien/peserta program untuk seluruh tenaga kesehatan layanan Primer. (Mahara). 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinkes Gelar Pertemuan dengan Puskesmas, Bahas Program Imunisasi

Terkini

Topik Populer