terkini

BI Ajak Masyarakat Aceh Singkil Cinta Rupiah dan Gunakan Aplikasi QRIS

Pujo
8/24/23, 16:54 WIB Last Updated 2023-08-24T09:54:38Z


Aceh Singkil-mediaadvokasi.id
Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh, mengajak para Apartur Sipil Negara (ASN) di Aceh Singkil, memberikan edukasi cinta rupiah dan menggunakan pembayaran digital melalui aplikasi QRIS kepada masyarakat.


Tim Implementasi kebijakan sistem pembayaran Bank Indonesia Provinsi Aceh, Irwan Syahputra  mengatakan, tujuan program ini adalah untuk mempermudah masyarakat yang ingin melakukan pembayaran non tunai maupun tunai.

Karena, sebelum adanya aplikasi QRIS ini, masyarakat maupun pelaku UMKM banyak mengaku keberatan, karena mereka masih ada melakukan ketentuan ketentuan ketika ingin transaksi.

"Namun, setelah hadirnya pembayaran digital melalui aplikasi QRIS ini, masyarakat dan pelaku UMKM lebih mudah menggunakannya. Karena setiap transaksi hanya dilakukan pemotongan 0,3 persen,"kata Irwan Syahputra saat dikonfirmasi Media ini seusai melakukan sosialisasi Cinta Paham dan Bangga (CPB) Rupiah serta penggunaan aplikasi Qris kepada ASN Aceh Singkil, di Oproom kantor Bupati setempat. Kamis (24/8).


Jika kita melaksanakan transaksi melalui aplikasi QRIS ini pemotongannya hanya 0,3 persen, dan ini berlaku hanya di atas Rp 100 ribu.

"Setiap melakukan transaksi di atas Rp 100 ribu hanya di potong 0,3 persen, tetapi jika di bawah Rp 100 ribu, tidak ada potongan alias gratis,"ucap Irwan.


Menurut Irwan, pihaknya memilih instansi instansi dan juga komunitas komunitas karena mereka lebih kenal dunia digital sehingga edukasi menjadi mudah disampaikan.

"Kita memang sangaja tidak membuat acara besar besaran, karena jika dibuat dengan hal tersebut itu merupakan sangat sulit untuk kami dalam memberikan instruksi secara langsung,"ujarnya.

Begitupun lanjutnya, untuk aplikasi QRIS ini sudah berusia sekitar 3 tahun. QRIS ini sudah launching sejak Januari tahun 2020 lalu.

"Di Banda Aceh sudah banyak yang menggunakan QRIS ini, namun di Aceh Singkil belum, makanya kami membuat acara ini agar penggunaan QRIS ini lebih dikenal dan meluas di lingkungan masyarakat,"terangnya.(Jack).


Sebelumnya, Kepala Perwakilan BI Provinsi Aceh, Rony Widijarto menjelaskan QRIS adalah aplikasi Quick Response Code Indonesia Standard atau
 alat pembayaran yang dikembangkan oleh Bank Indonesia 
 
"QRIS ini adalah alat pembayaran yang Sah, dan alat ini dikembangkan oleh Bank Indonesia,"pungkasnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BI Ajak Masyarakat Aceh Singkil Cinta Rupiah dan Gunakan Aplikasi QRIS

Terkini

Topik Populer