terkini

TNI-Polri Bersama Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih di Rawa Singkil

Pujo
8/16/23, 22:26 WIB Last Updated 2023-08-17T01:35:02Z
Aceh Singkil-mediaadvokasi.id
Tentara Negara Indonesia (TNI) dan personel Polres Ach Singkil, bersama masyarakat kibarkan bendera merah putih di ujung Lae Treup atau Rawa Singkil, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil. Rabu (16/8).


Dari pantaun, saat masuk ke Rawa Singkil tersebut, butuh perjuangan ekstra membawa bendera di atas sampan masuk ke sesaknya pohon bakung yang menutup alur pelayaran. 

Namun, hal itu tidak mengurangi semangat peserta parade semarak kemerdekaan. Dalam perjalanan yang dimulai dari Desa Teluk Rumbia yang berada di pinggir sungai, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, dengan cara menaiki perahu itu. Peserta berkali-kali teriak merdeka penuh semangat. 

Saking semangatnya, bahkan ada warga yang rela manjat ke atas pohon memasang Bendera Merah Putih tersebut. 


Dandim 0109 Aceh Singkil Letkol Inf Moh Mulyono mengatakan, tujuan pengibaran bendera merah putih di rawa Singkil merupakan sebagai bentuk menyemarakkan hari kemerdekaan RI ke-78.

"Sesuai perintah Panglima Kodam Iskandar Muda, kegiatan ini merupakan bagian dari semarakkan kemerdekaan. Selain itu, kita juga ingin menjaga kelestarian suaka margasatwa di sekitar rawa Singkil,"kata Mulyono.


Menurut Mulyono, setelah berlayar sekitar 15 menit dari Desa Teluk Rumbia, melintasi sungai Lae Soraya. Kemudian perahu belok kiri masuk ke sungai kecil. yang merupakan pintu gerbang masuk Lae Treup, hal ini banyak memiliki perbedaan.

"Rawa Singkil banyak memiliki perbedaan salah satunya warna air dan suhunya. Hamparan air sungainya berwarna hitam, tetapi bersih, begitupun hawanya sangat sejuk meskipun dibawah terik matahari,"ucapnya.



Masyarakat Aceh Singkil, harus menjaga suaka margasatwa rawa Singkil serta mengekspos menjadi cagar budaya yang nantinya menjadi icon parawisata.

"Kepada masyarakat Aceh Singkil, jaga lah rawa Singkil ini agar bisa menjadi cagar budaya kedepan nantinya,"harap Mulyono.


Sekedar diketahui, kegiatan ini turut diikuti Dandim 0109 Aceh Singkil Letkol Inf Moh Mulyono, Camat Singkil, Khairuddin beserta personel TNI, Polri, insan Pers dan warga setempat.


Foto 1 : Parade Bendera Merah Putih saat semarakkan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan Dandim 0109/Aceh Singkil, Letkol Inf Moh Mulyono bersama wartawan, TNI, Polri, dan warga di kawasan Lae Treup. 

Foto 2: Salah seorang warga yang rela manjat ke atas pohon memasang Bendera Merah Putih di kawasan rawa Singkil.(Jeck).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TNI-Polri Bersama Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih di Rawa Singkil

Terkini

Topik Populer