terkini

BPS Aceh Singkil Gelar Pelatihan Petugas PL-KUMKM

Pujo
9/08/23, 06:54 WIB Last Updated 2023-09-07T23:54:51Z

Aceh Singkil-mediaadvokasi.id
Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Singkil, menggelar pelatihan Pendataan Lengkap Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PL-KUMKM) 2023.

"Pendataan lengkap koperasi dan UMKM ini dilaksanakan secara bertahap mulai 2022 hingga 2024,"kata Kepala BPS Aceh Singkil, Adi Putra Kamis (7/9/2023) dikantornya. 


Menurut Adi, PL-KUMKM adalah kegiatan pendataan lengkap atas seluruh pelaku dan unit usaha/perusahaan yang berada dalam wilayah Indonesia baik yang menggunakan bangunan permanen, tidak permanen maupun tanpa bangunan khusus usaha dengan tujuan untuk merealisasikan pembangunan basis data tunggal koperasi dan UMKM yang akurat dan menyeluruh.

"Sementara tujuanya, untuk mengumpulkan data yang terdiri atas identitas pelaku usaha, penggunaan tenaga kerja, pemasaran, permodalan, struktur pendapatan/pengeluaran, hingga pemanfaatan digitalisasi pada koperasi dan UMKM,"ucapnya.

Begitupun jelas Adi, jumlah keseluruhan petugas pendataan UMKM ini sebanyak 117 orang. Terdiri dari petugas pendataan lapangan (PPL) sebanyak 93 orang, pemeriksa lapangan (PML) 19 orang dan Kordinator sensus Kecamatan (Koseka) 5 orang. 


"Petugas-petugas pendataan ini kita rekrut dari mitra-mitra terbaik BPS Aceh Singkil kemarin. Kita tidak ada buka open. Dan Pendataan PL-KUMKM ini akan dilaksanakan pada 15 September hingga 14 Oktober 2023,"terang Adi. 


Pendataan ini lanjut Adi, akan dilakukan dengan metode wawancara melalui aplikasi Computer Assistant Personal Interview (CAPI) dengan pemilik atau pengelola unit usaha dari usaha/perusahaan secara door to door.

Para petugas diberikan pelatihan terlebih dahulu agar dapat memahami konsep dan definisi yang digunakan dalam pendataan serta menguasai teknik wawancara dan aplikasi yang digunakan sebelum turun ke lapangan.

"Seluruh informasi yang didapatkan sangat bermanfaat untuk terwujudnya satu data koperasi dan UMKM yang dapat menjadi dasar rujukan formulasi evidence-based policy making," jelasnya.(Jack)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPS Aceh Singkil Gelar Pelatihan Petugas PL-KUMKM

Terkini

Topik Populer