terkini

Oknum Kades Purwosari Kecamatan Tanjung lago, diduga Abaikan Instruksi Bupati Soal Hak Perangkat Desa.

10/20/23, 13:26 WIB Last Updated 2023-10-20T06:26:39Z

 


Banyuasin_MA_  Beberapa perangkat desa serta BPD Desa Purwasari kecamatan Tanjung lago Kabupaten Banyuasin, mulai resah dan mempertanyakan gaji mereka yang hampir 2 Tahun ini, hanya beberapa bulan yang mereka terima


Hal ini disampaikan oleh beberapa orang perangkat Desa dan anggota BPD kepada awak media Kamis (19/10/2023) yang meminta nama mereka jangan di tulis.


", Meski hak perangkat Desa Purwosari Kecamatan Tanjung lago kabupaten Banyuasin,  dikabarkan telah disalurkan Pemerintah Kabupaten. Namun hingga saat ini para Kaur dan BPD di desa setempat belum menerima haknya.


Kabarnya, gaji untuk perangkat desa diduga telah dipakai oleh Kepala Desa (Kades) Purwosari untuk kepentingan pribadi nya


Salah anggota BPD Desa Purwosari, yang enggan di sebutkan namanya menyampaikan, pihaknya telah berkordinasi dengan Dinas Keuangan serta Dinas PMD terkait gaji para perangkat desa.


Dari hasil koordinasi tersebut, diketahui anggaran pembayaran gaji telah dicairkan oleh Kepala Desa sejak beberapa bulan lalu, namun anehnya hingga saat ini para perangkat Desa yang terdiri dari Kaur dan BPD belum juga menerima gaji tersebut.


"Semua bukti pencairan sudah kami ambil dari Dinas Keuangan dan DPMD Kabupaten Banyuasin, anehnya gaji belum kami terima," terangnya.


Dia mengaku, setelah ditelusuri, anggaran yang diperuntukan membayar hak-hak perangkat desa telah dipakai oleh Kepala Desa dalam agenda studi banding di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu, dengan dalil akan dianggarkan kembali pada tahap II DD.


"Gaji itu hak kami, masa dipakai tanpa alasan, dengan dalil nanti diganti di anggaran lain, aturanya dimana," ungkapnya.


Dia mengingatkan, bahwa gaji tersebut belum mereka terima. Gaji hanya 4 bulan selama tahun dari 2022, di tahun 2023 pun demikian. Terlebih kami selaku BPD tidak pernah menerima Dana Operasional (OP) padahal Dana tersebut sudah cair." Jelasnya


Sebelumnya Mantan Bupati Askolani jasi, sudah mewanti-wanti para kepala desa agar jangan coba-coba mengambil hak para kaur serta masyarakat yang dipimpinnya namun itu tak digubris oleh Kepala Desa Purwosari


"Kami meminta bukti dari PLT Bupati sekarang terkait ultimatum bagi kepala desa yang menyalip hak warga serta kami di BPD dan Kaur," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Desa Purwosari  Supriyanto, sampai berita ini di turunkan belum dapat  dikonfirmasi. (Tri Sutrisno).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Oknum Kades Purwosari Kecamatan Tanjung lago, diduga Abaikan Instruksi Bupati Soal Hak Perangkat Desa.

Terkini

Topik Populer