terkini

Gali Potensi Ekonomi, Dinas Ketahanan Pangan Berikan Bantuan Alat Produksi Kue dan Pangan Di Desa Karang Tengah.

11/30/23, 09:34 WIB Last Updated 2023-11-30T02:34:37Z


OKU TIMUR,MA-Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Timur M. Yani yang di wakili oleh Kabid konsumsi dan keamanan pangan Ir Nurlely Sayuti di dampingi oleh Khusnul Khotimah selaku Rekanan dan salah satu ketua Kelompok wanita Tani (KWT) yang ada di OKU Timur Menyerahkan bantuan peralatan hingga bahan baku untuk menambah hasil produksi kue-jajanan tradisional di salah satu sentra UMKM yaitu Kelompok Wanita Tani(KWT) Dewi Sri desa Karang Tengah dan Kelompok Wanita Tani(KWT) Teratai Desa Karang Binangun 2 di Balai desa Karang Tengah Kecamatan Buay Madang Timur hari Rabu(29/11/2023).


"Kegiatan hari ini merupakan kegiatan Silaturahmi antar Ibu-ibu Dinas Ketahanan Pangan dan Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) sekaligus memberikan alat-alat Pembuatan Kue dan keripik dan jajanan tradisional yang diproduksi mereka itu mulai dari kue cincin, bakso bakar, buras, cilok, segala jenis Keripik dan sebagainya. Warga biasa memproduksinya pada malam hari untuk dijual keesokan harinya.


"Di desa ibu-ibu banyak yang melakukan kegiatan ekonomi kerakyatan dengan membuat kue-kue fan keripik Mereka produksi dan mereka jual sampai ke luar Kabupaten OKU Timur seperti ke Kabupaten lain bahkan bahkan sampai ke Ibu Kota,terang Nurlely. 


Dia menilai potensi ekonomi dari para pelaku UMKM di desa masih bisa digali untuk meningkatkan pendapatan ke depan lewat pemberian bantuan peralatan hingga bahan baku produksi pembuatan pangan dan kue. 


"Ini yang membuat kami terstimulasi untuk melakukan pembinaan terhadap ibu-ibu yang selama ini banyak berkontribusi untuk daerah dengan membuat kue-kue yang mengangkat ekonomi kerakyatan, khususnya di daerah desa yang ada di Kabupaten OKU Timur, katanya.


Proses produksi kue-jajanan tradisional di desa juga melibatkan puluhan orang yang bertugas sebagai orang yang memproduksi, mendistribusikan dan memasarkannya ke berbagai wilayah di dalam dan luar Kabupaten OKU Timur. 


"Kami melihat bahwa sirkulasi ekonomi ini luar biasa. Andai saja potensi ini disentuh oleh pemerintah daerah, disentuh oleh kementerian ekonomi kreatif. Tentunya itu dapat sedikit membantu meringankan beban ibu-ibu yang selama ini ternyata swadaya," ujar Nurlely mewakili dari Dinas Ketahanan Pangan. 


Bantuan alat produksi kue antara lain berupa Oven Gas, Air Prayer, mesin perajang keripik modern, serta Vacum seller . 


Sementara itu Kades Karang Tengah Rahmanto A. Md sangat mendukung kegiatan ini dan semoga dengan di berikanya bantuan ini dapat menambah harga jual dan mutu dari produksi pangan dan kue serta menambah semangat ibu-ibu Kelompok Wanita Tani(KWT) yang ada di OKU Timur khusus nya di Desa Karang Tengah,Tutupnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gali Potensi Ekonomi, Dinas Ketahanan Pangan Berikan Bantuan Alat Produksi Kue dan Pangan Di Desa Karang Tengah.

Terkini

Topik Populer