terkini

Kasdam I/Bukit Barisan Bersama Danrem 031/ Wira Bima Tinjau Lahan Hanpangan Unggulan Kodim 0303/Bengkalis

1/16/24, 15:54 WIB Last Updated 2024-01-16T08:54:13Z

 

DURI -Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan Brigjen. TNI Refrizal bersama Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan didampingi Aster Kasdam I/BB, Kolonel Arh Dedik Ermanto, Kasilog Korem 031/WB, Kolonel Arh Rina Kartika dan sejumlah pihak terkait lainnya lawatan kerja ke Negeri Junjungan, Kabupaten Bengkalis dalam rangka meninjau Ecopark Wirabima di Kecamatan Bathin Solapan – Duri, Selasa (16/1/24).


Kunjungan kerja tersebut disambut langsung oleh Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Arh Irvan Nurdin, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Kepala Dinas Perikanan, Hj. Kholijah, S.Pd.I, Pasiops Kodim 0303 Bengkalis Kapten Czi Suratmin, Danramil 03 Mandau Kapten. Arh. Jemirianto, Pjs. Danunit Intel Kodim 0303 Bengkalis Pelda. BT. Simanjuntak, Camat Bathin Solapan M. Rusydy, MR, Pjs. Kades Simpang Padang, M. Nurizan serta pihaj terkait lainnya.


Penting diketahui, lawatan kerja tersebut dilakukan untuk meninjau areal lahan ketahanan pangan yang digarap oleh jajaran prajurit Kodim 0303/Bengkalis dan Koramil 03 Mandau menjadi Ecopark Wirabima atas instruksi Danrem 031/WB dalam memaksimalkan kekuatan program ketahanan pangan di wilayah Kodim 0303/ Bengkalis.


Lewat gagasan Ecopark Wirabima ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat terutama kelompok tani, peternak dan pembudidaya ikan bisa lebih terangkat. Hal inilah diungkapkan langsung oleh Kasdam I/BB sembari mengapresiasi kinerja positif yang telah digeluti oleh para prajurit TNI Angkatan Darat, jajaran Kodim 0303/Bengkalis.


“Saya hadir disini mewakili Bapak Pangdam I/BB, Mayjend. TNI. Mochammad Hasan untuk meninjau Ecopark Wirabima dalam upaya memperkuat sistem ketahanan pangan di jajaran Kodam I/BB yang dikelola oleh Korem 031/WB, Kodim 0303 Bengkalis dan seluruh jajaran yang ikut terlibat di dalamnya, termasuk pemerintah daerah. Sebagaimana kita lihat sendiri, disini ada sektor perikanan air tawar, ada sawah untuk penanaman padi, ada embung cadangan air, ada areal holtikultura, ada areal palawija dan kedepan akan ada lebih banyak lagi varietas yang ditanam, diternak dan dibudidayakan pada Ecopark ini,” kata Kasdam I/BB Brigjen TNI Reflizal. 



Jelajahi areal Ecopark pada lahan seluas (±) 50 Hektare di Kecamatan Bathin Solapan, Kasdam dan seluruh jajaran mengendarai kendaraan dinas roda dua dari areal persawahan hingga akhirnya tiba pada hamparan kolam ikan. Pada titik inilah kemudian Kasdam dan seluruh pihak yang hadir menebar sebanyak 2 ribu ekor benih ikan Patin.


Saking gembiranya, Brigjen Refrizal sangat antusias dan bersemangat saat menebar benih ikan pada kolam-kolam ketahanan pangan bidang budidaya ikan air tawar. “Awalnya saya ke Rokan Hilir, lalu ke Pekanbaru dalam kegiatan yang sama. Namun sampai ke Kabupaten Bengkalis ini saya sangat terkesima. Meski dengan kontur tanah yang bergelombang ini, prajurit kita tetap bisa berinisiatif dan mengelola lahan tidur disini menjadi lebih produktif. Saya sangat mengapresiasi, dan berharap apa yang ada saat ini dapat dijaga, dirawat dan dimaksimalkan lebih baik lagi agar dapat berkontribusi demi kesejahteraan masyarakat,” harap Kasdam.


“Kepada seluruh masyarakat, terutama para petani dan peternak, jangan enggan bertindak. Mari saling bahu-membahu dalam menggarap dan mengelola lahan ini. Kita berharap apa yang diupayakan pasukan TNI AD saat ini dapat menjadi contoh baik untuk ditiru oleh masyarakat,” pintanya.


Pada kesempatan itu, Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca turut memperkenalkan produk bioteknologi bernama Microba PA-63 yang merupakan hasil olahan nira aren yang difermentasikan dengan ratusan jenis bakteri baik segudang manfaat untuk kemudian berubah menjadi nutrisi alami untuk menyuburkan tanah, menjadi sumber mineral yang dibutuhkan tumbuhan atau tanaman, menjadi penetrasi kadar asam pada tanah dan air tanah serta bermanfaat sangat baik bagi pertumbuhan ragam varietas yang ada di Ecopark Wirabima.


Dia menjelaskan, Microba PA-63 inilah yang terus digunakan untuk mendukung kesuburan tanah di areal Ecopark, termasuk memurnikan kadar air kolam. “Dengan produk bioteknologi yang kita kembangkan ini, kita harap Ecopark Wirabima ini bisa berkembang dengan baik dan menghasilkan serta berdampak positif pada roda perekonomian masyarakat,” kata Brigjen. Dany Rakca.


“Kita semua sangat berharap akan keberhasilan Ecopark Wirabima ini demi kemajuan institusi TNI AD dalam mensejahterakan masyarakat, termasuk sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mengelola lahan tidur menjadi lebih produktif,” tegas Danrem.


Sambut kunjungan dua Jenderal TNI AD tersebut, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso sangat sumringah. Wakili Bupati Bengkalis, Bagus mengaku sangat bangga bisa menyambut kedatangan Kasdam I/BB sempena lawatan kerja ke Ecopark Wirabima di Kecamatan Bathin Solapan


“Terima kasih atas kunjungannya ke Negeri Junjungan Bapak Kasdam I/BB dan Bapak Danrem 031/WB di Ecopark Wirabima di wilayah Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Kami sangat bangga bisa menerima lawatan jenderal sekalian. Terutama saat ini, kami sangat bangga melihat karya bapak-bapak TNI yang mengelola lahan tidur disini menjadi Ecopark Wirabima yang manfaatnya juga sangat baik bagi masyarakat kami. Jujur, warga kami dilokasi ini turut mendapatkan manfaat, karena bisa ikut serta menggarap lahan milik TNI AD untuk bercocok tanam, beternak dan membudidayakan ikan bersama rekan prajurit sekalian. Kelompok tani kita juga bisa dibersama rekan prajurit sekalian. Kelompok tani kita juga bisa diberdayakan dan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk diterapkan lebih meluas dan diharap dapat mendongkrak roda perekonomian. Kami sangat berterima kasih atas program ketahanan pangan yang penuh manfaat ini, dan semoga kedepannya aksi ini bisa berhasil serta menjadi Ecopark Wirabima yang menjadi objek wisata di Negeri Junjungan,” beber Bagus Santoso.


Turut hadir dalam kegiatan itu, Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat, Direktur RSUD Mandau Drg. Sylvia, Danposramil Bathin Solapan Peltu. Sigit NW, Danposramil Pinggir, Pelda. Yulihar, perangkat kecamatan Bathin Solapan, RT/RW, Kelompok Tani dan masyarakat setempat***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kasdam I/Bukit Barisan Bersama Danrem 031/ Wira Bima Tinjau Lahan Hanpangan Unggulan Kodim 0303/Bengkalis

Terkini

Topik Populer