terkini

Hari Jadi Ke - 168 Kabupaten Cilacap PMI Gelar Operasi Katarak Gratis untuk Warga.

3/03/24, 11:03 WIB Last Updated 2024-03-03T04:03:11Z


Cilacap, MA - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke - 168 Kabupaten Cilacap sebanyak 110 orang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti operasi katarak gratis yang berlangsung di 2 rumah sakit berbeda yakni RSUD Majenang dan RSUD Cilacap. 


Kegiatan ini dibuka oleh Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, A.P, MM didamping Pj  Sekda Cilacap, Ketua PMI Kabupaten Cilacap dan jajarannya.


Sebelum menjalani operasi, peserta terlebih dahulu mengikuti screening atau pemeriksaan mata di Klinik Pratama Rawat Inap PMI Kabupaten Cilacap. Screening dilakukan oleh dokter spesialis mata dari RSUD Cilacap. Pemeriksaan tekanan darah, gula darah, tes swab antigen, tes HIB, tes Hb SAg dilakukan oleh tim medis PMI Kabupaten Cilacap. 


Bagi peserta yang lolos screening/ pemeriksaan, pihak keluarga pendamping akan menandatangani inform consent (persetujuan operasi) sebelum dilakukan tindakan operasi.


"Targetnya 100 mata. RSUD Cilacap 50 dan RSUD Majenang 50 mata. Sampai hari ini sudah 110 mata," ungkap Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf usai kegiatan pembukaan bakti sosial operasi katarak gratis, Sabtu (2/3/2024).


"Insyaallah hari ini di Cilacap tuntas dioperasi semuanya, jumlahnya 54 mata. Untuk di Majenang hari ini 20 dan besok tanggal 9 Maret, 27 mata," imbuhnya. 


Farid mengatakan, operasi katarak gratis ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang dibiayai dari hasil Bulan Bakti PMI, bekerja sama dengan Pemkab Cilacap. 


Diketahui, operasi katarak gratis ini sudah diselenggarakan selama 13 tahun, dan sudah mengoperasi 889 mata. 


Sementara itu, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Cilacap, Hasanuddin didampingi dr. Yuyun mengatakan, dalam pelaksanaan operasi katarak, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana mulai dari SDM, dokter spesialis, perawat pendamping. Termasuk ruang operasi dan obat. 


"Secara prinsip, RSUD Cilacap dalam pelaksanaan operasi katarak ini, walaupun istilahnya gratis, tapi kita tidak seadanya, justru kita persiapkan dengan baik dan maksimal," ujar Hasanuddin. 


"Intinya kita berusaha melayani dengan sebaik-baiknya, boleh dibilang ini operasi VIP. Harapannya masyarakat bisa terbantu dengan adanya operasi katarak gratis ini," lanjutnya. 


Hasanuddin menambahkan, pelaksanaan operasi berlangsung singkat. "Kurang lebih 5-10 menit. Alat kita datangkan dari Jogja," pungkasnya. (D'Pour).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Jadi Ke - 168 Kabupaten Cilacap PMI Gelar Operasi Katarak Gratis untuk Warga.

Terkini

Topik Populer