terkini

Surati Partai Koalisi : UAS jadi rekomendasi cawapres Prabowo

8/05/18, 03:28 WIB Last Updated 2018-08-04T20:28:45Z
Foto dari Simpatisan UAS  
Jakarta, Media Advokasi -- Persaudaraan Alumni 212 menyurati partai-partai koalisi keummatan untuk menghormati dan menghargai hasil Ijtima Ulama soal calon presiden dan calon wakil presiden (cawapres).

Sekretaris Umum PA 212 Bernard Abdul Jabbar mengatakan ada lima partai yang sudah mereka surati pada Kamis (2/8) lalu itu adalah Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Berkarya.

"Isi surat yang menyatakan jika kepatuhan kepada ulama sama halnya patuh dengan Rasulullah. Tidaklah mungkin ulama sebagai pewaris Nabi akan menyalahgunakan wewenang, bicara menurut hawa nafsunya," kata Bernard, Sabtu (4/8/18).

Menurutnya, perlu diingatkan bahwa tidak mungkin seorang ulama bersatu padu dalam kesepatakan hanya untuk menyesatkan ummatnya. Dalam surat ini juga ditegaskan ulama yang harus turun gunung terlibat membicarakan nasib umat agar mampu mencari pemimpin terbaik merupakan panggilan Allah.

Dalam hal ini ada dua cawapres hasil ijtima "Jika kalau Habib Salim Segaf Al Jufri atau Ustaz Abdul Somad yang ditunjuk sebagai cawapres Bapak Prabowo, partai koalisi wajib menjunjung tinggi keputusan tersebut," kata Bernard.

Bernard juga menegaskan jika partai koalisi keummatan pada akhirnya tidak melakanakan ijtima ulama, maka akan ditinggalkan jutaan ummat. PA 212 juga, kata Bernard, tidak akan memaksa koalisi mematuhi surat rekomendasi ijtima ulama tersebut. 

"Tapi kalau mereka mau istiqomah ya laksanakan. Keputusan ulama atas kesepakatan sosok yang sudah dipilih sama dengan keinginan Allah," pungkas Bernard.
Sebelumnya, Prabowo Subianto menganggap hasil ijtima ulama hanyalah rekomendasi yang tidak mengikat. 

Pernyataan Prabowo dan beberapa koalisi pendukungnya agar berbeda dengan PKS yang menegaskan koalisi harus menjalankan rekomendasi ijtima ulama tersebut.

Ijtima ulama merekomendasikan dua nama yakni Ketua Majelis Dewan Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri dan ulama kondang asal Riau Abdul Somad sebagai Cawapres. (dikutip dari cnnindonesia)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Surati Partai Koalisi : UAS jadi rekomendasi cawapres Prabowo

Terkini

Topik Populer