terkini

Menteri Pertahanan RI Jend. TNI (Purn) Rymizard Ryacudu Memberikan Kuliah Umum Dengan Tema “Bela Negara, NKRI Harga Mati, Tolak Radikalisme” Gedung Centre UIN Raden Fatah Palembang

9/21/18, 18:48 WIB Last Updated 2018-09-21T11:53:44Z
Acara Kulia umum dari Menteri Pertahanan RI Jend. TNI (Purn) Rymizard Ryacudu
Palembang, Media Advokasi - Jum'at, 21 September 2018 pukul 14:30 WIB bertempat di Gedung Akademic Centre UIN Raden Fatah Palembang Jl. K. H. Zainal Abidin Fikri KM 3,5 Kelurahan Pahlawan Kecamatan Kemuning Kota Palembang dilaksanakan Kuliah umum dari Menteri Pertahanan RI Jend. TNI (Purn) Rymizard Ryacudu dengan tema “Bela Negara, NKRI Harga Mati, Tolak Radikalisme”.

Peserta yang mengikuti sekitar 5.000 orang diantaranya mahasiswa mahasiswi angkatan 2018 serta Pejabat yang hadir diantaranya Brigjen TNI Syafrial, PSC,M Tr (Kasdam II/Swj), Irjen pol Dr Zulkarnain (Kapolda Sumsel), Brigjen TNI Yudi Candrajaya MA (Dephan), Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D (Rektor UIN Raden Fatah Palembang), Dr. Ismail Sukardi M.Ag (Wakil rektor I) dan Prof. Zainal Abidin (Wakil rektor II).

Susunan acara diawali Pembukaan (MC Aminudin dan Tia).
Pembacaan kalam illahi (Sdri. Khusnul Khotimah) lalu Menyanyikan lagu
- Indonesia Raya.
- Mars UIN Raden Fatah,
Selanjutnya Do'a (Dr. Sholeh Sya'kni) kemudian Sambutan Rektor sekaligus membuka acara kuliah umum (Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D) dan “Kuliah umum dengan tema Bela Negara, NKRI Harga Mati, Tolak Radikalisme “ yang disampaikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu).
Penyampaian dari Menteri Pertahanan RI

Adapun yang disampaikan  Menhan diantaranya ucapan
Terima kasih kepada pihak UIN Raden Fatah Kota Palembang yang telah memberikan waktu dan kesempatan kepada beliau untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa/i baru UIN Raden Fatah.

"Beliau berpesan kepada mahasiswa mahasiswi untuk menjadi manusia yang maju dan unggul serta berkarakter dengan pendidikan dan keterampilan sehingga bangsa kita dapat bersaing dengan bangsa lain".

      Tema yang diangkat pada kuliah umum ini adalah “NKRI JARGA MATI” dimana dalam membela dan mempertahankan NKRI kita harus menumbuhkan rasa cinta tanah air dan harus siap berperang dengan Narkoba, menangkal terorisme dan radikalisme serta mampu dalam perang cyber.
Dalam aplikasinya, ada beberapa poin yang harus dilakukan dalam kegiatan bela negara antara lain Kesadaran rela berkorban, mengutamakan pembentukan karakter, memahami empat Major Ideology (Liberalisme, Komunisme, Sosialisme, Radikalisme Agama), mampu memahami ancaman nyata dan belum nyata yang terjadi di Indonesia ini serta memilih pemimpin yang benar.

      Dalam penyampaiannya Menhan berharap mahasiswa mahasiswi kelak nantinya dapat menjadi “Garda terdepan yang membela bangsa, NKRI dan Pancasila”.

      Selanjutnya Acara dilanjutkan dengan Penyerahan cinderamata dan foto bersama. Sekitar
pukul 16:40 WIB, kegiatan selesai. (Sf/Yl)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menteri Pertahanan RI Jend. TNI (Purn) Rymizard Ryacudu Memberikan Kuliah Umum Dengan Tema “Bela Negara, NKRI Harga Mati, Tolak Radikalisme” Gedung Centre UIN Raden Fatah Palembang

Terkini

Topik Populer