terkini

Warga Miskin Di Peudada Dapat Bantuan Rumah Layak Huni Dari Barisan Muda Ummat (BMU) 014.

12/22/18, 23:48 WIB Last Updated 2018-12-22T16:50:57Z


Bireuen, Media Advokasi -, Mukhlis (50) seorang warga miskin di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, dalam keseharian beliau berprofesi sebagai pencari ikan (Nelayan) salah satu bot di Pusong Kota Lhoksemawe untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, setiap satu minggu hingga satu bulan sekali istrinya Nazariah (34) serta 7 orang anaknya menunggu kepulang sang ayah dirumah yang terbuat dari karet plastik hitam seadanya berlantaikan tanah, beratap daun rumbia yang sudah bocor dengan kondisi rumah sudah miring dan tidak layak huni. kala musim hujan tiba menjadi sebuah petaka baginya untuk mengunggsi kerumah mertua menghindari banjir, keadaan ini dijalani mukhlis selama 3 tahun ini.


Kini keluarga mukhlis merasa senang dan dapat tersenyum lebar setelah setelah serah terima kunci rumah bantuan layak huni dari Barisan Muda Ummat (BMU) yang dibangun tepat disisi kanan rumahnya. Penyerahan kunci dengan kode Rumah BMU 014  diserahkan langsung oleh Imam Besar BMU Tgk. H. M. Yusuf A Wahab atau sapaan akrabnya Tu Sop yang diterima Nazariah (34) warga miskin Gampong Blang Geulumpang Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen pada (22/12/2018) Sabtu sore mewakili suaminya yang sudah 7 hari pergi melaut.

Dijelaskan Nazariah mereka mempunyai 1 anak  perempuan yang masih balita serta 6 anak  laki-laki masih duduk dibangku SD dan SMP,  sementara pendapatan suaminya rata-rata 300-500 ribu sekali pulang melaut. Untuk keperluan kebutuhan hidup saja tidak memadai kadang-kadang harus pulang kerumah ibunya untuk meminta beras dan keperluan lain,  belum lagi uang jajan dan biaya sekolah serta biaya pendidikan salah satu anaknya di pesantren. Ujarnya.

Tgk. Muhammad Yusuf Nasir Ketua BMU Pusat yang lebih dikenal dengan sebutan Abiya Rauhul Mudi menjelaskan bantuan rumah BMU 014 ini hasil kerja sama TK Kartika Jaya dan BMU “ selain donatur kita di BMU TK  Kartika Jaya juga  ikut andil sekaligus yang rekomendasi rumah ini, wali-wali murid ikut menyumbang sebagai bentuk sugesti terhadap pendidikan kepedulian sosial bagi anak-anak usia dini”. Ujarnya. Abiya menambahkan Donasi BMU Peduli dibuka tgl 7 - 30 November 2018 dengan donasi yang masuk Rp. 25.616.000, dari 288 orang donatur. BMU hadir hari ini tidak untuk mengkritik atau melawan siapapun,  BMU hadir hanya membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan. Tutup abiya.

Sementara itu Tu Sop Jeunieb selaku Imam Besar BMU dalam pidato singkatnya mengatakan Rumah Berdinding plastik ini salah satu bukti Ummat islam saat ini mengalami krisis sosial,  “orang Aceh hari ini gagal menumbuhkan tatanan sosial dalam pemerintahan dan Ummat islam Aceh sendiri, kita mengalami degredasi kepedulian sosial yang telah dibangun orang Aceh terdahulu”. Ujar Tu sop. Ianya menambahkan hari ini rumah BMU 014  sudah kita bangun,  tetapi sunnah Rasulullah yang peka terhadap kepedulian sosial sesama umat belum teralisasi,  hal ini menjadi satu boomerang kita kedepan Jangan sampai kekuatan sosial agama lain masuk dan mengambil anak cucu kita untuk merubah keyakinannya dengan iming-iming harta seperti kejadian baru-baru ini. Maka kita harus membuat benteng dalam tatanan sosial Ummat islam kedepan.

kita hari ini hidup senang jangan berpikir anak cucu kita nanti bisa merasakan hal yang sama, “ Saya pernah bertemu dengan salah satu anak cucu keturunan raja Aceh yang saat ini hidup dalam kesusahan tidak sama dengan yang dirasakan dijaman kakek-kakenya yang terdahulu” Kisah Tu Sop Sebagai salah satu contoh tatanan sosial orang Aceh. (Al Fadhal )
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Miskin Di Peudada Dapat Bantuan Rumah Layak Huni Dari Barisan Muda Ummat (BMU) 014.

Terkini

Topik Populer