terkini

Basarnas Cilacap Gelar Apel Siaga SAR Khusus Lebaran

4/26/22, 12:19 WIB Last Updated 2022-04-26T05:19:05Z
Cilacap , MA - Basarnas Cilacap Gelar Apel Siaga SAR Khusus Lebaran.
Apel gelar pasukan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 diikuti 64 personel. Personel Siaga SAR khusus Lebaran 2022 termasuk Unit Siaga SAR Banyumas dalam Apel Siaga SAR Khusus serentak di seluruh Unit Pelaksana Teknis di Indonesia, Senin (25/4/2022).

Apel gelar pasukan dilaksanakan pukul 11.00 WIB di halaman kantor Basarnas Cilacap dan diikuti seluruh pegawai dan perwakilan dari potensi SAR di Cilacap.

I Nyoman Sidakarya selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap dalam sambutannya mengatakan, mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga, sehingga perlu diantisipasi.

"Kesiapsiagaan SAR dalam rangka Siaga SAR khusus Lebaran adalah agenda yang kita laksanakan setiap tahun, dengan selalu semangat untuk meningkatkan koordinasi, kesiapan personel, peralatan, keterampilan, kesigapan untuk peningkatan kecepatan waktu tanggap (response time) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19," terang Kepala Basarnas dalam sambutan tertulisnya.

Sebagai penekanan, petugas Siaga SAR Khusus Lebaran tahun 1443 H/2022 M agar tetap semangat, menjaga kesehatan, dan tunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab.

"Saya yakin, kita semua telah melaksanakan dengan baik sesuai visi dan misi. Sekali lagi, terimakasih dan apresiasi kepada seluruh Kansar sebagai garda terdepan. Kalian semua menjadi kebanggaan pimpinan," lanjutnya.

Apel gelar pasukan ini bertujuan memastikan kesiapan personel, sarana dan prasarana, serta peralatan SAR yang digunakan dalam pelaksanaan.

Selain mengerahkan 64 personel, Basarnas Cilacap juga menyiagakan sarana dan prasarana serta peralatan SAR, diantaranya 3 unit rigit inflatable boat (RIB), rescue car, rescue carrier, rescue car compartment, rescue truck compartment, ATV big patrol, rubber boat, jukung katir, dan peralatan SAR lainnya.

Basarnas juga menyiagakan peralatan AquaEye, rescue net, dan underwater searching device untuk pengamanan di obyek wisata air atau laut yang berfungsi sebagai pendeteksi benda di dalam air.

Siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2022 ini dilaksanakan selama 21 hari, dimulai tanggal 22 April 2022 sampai 12 Mei 2022, dan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 28 April sampai 7 Mei 2022.

Selama kegiatan akan dilakukan pengamanan dan pemantauan arus mudik di titik rawan kemacetan dan kecelakaan, serta pengamanan di obyek wisata dan pantai di wilayah kerja Basarnas Cilacap.

"Kita selalu koordinasikan dengan pihak terkait seperti Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan lainnya. Apabila membutuhkan jasa SAR agar menghubungi Call Center 115 dan Nomor +62 822-1151-1544 yang selalu siaga on call," ucapnya.

Siaga SAR Khusus Basarnas ini dititikberatkan kepada evakuasi dan penanganan medis darurat baik korban kecelakaan maupun kondisi yang membahayakan manusia.

Siaga SAR Khusus ini serentak dibuka Kepala Basarnas yang dilaksanakan oleh 44 UPT Basarnas. Tak terkecuali Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Cilacap. (Pour)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Basarnas Cilacap Gelar Apel Siaga SAR Khusus Lebaran

Terkini

Topik Populer