terkini

Ratusan Hewan ternak jenis Kerbau Dan Sapi akan disembelih saat Lebaran Idul Fitri Tahun 2022 ini

4/29/22, 22:48 WIB Last Updated 2022-04-29T15:48:33Z
Muaro Jambi, MA - Ratusan sapi dan kerbau tersebut akan disembelih sehari sebelum lebaran dan itu tersebar dihampir seluruh kecamatan yang ada di dalam Kabupaten Muaro Jambi.


Berdasarkan pemantauan dari Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Muaro Jambi, hewan ternak yang bakal disembelih itu secara keseluruhan sebanyak 329 ekor dan itu tersebar di seluruh kecamatan.


Plt Kepala Disnakbun Kabupaten Muaro Jambi Amri melalui Kasi Pembibitan Produksi dan Pakan Ternak, Samsul menyebut, hewan ternak yang akan dipotong tersebut merupakan hewan ternak lokal Muaro Jambi, baik itu dari petani langsung maupun hasil penggemukan.


"Jumlah keseluruhan 744 ekor. Yang akan dipotong 392 ekor. Jadi sisa atau stok 352 ekor," kata Samsul.


Dikatakan Samsul, dari sekian banyak stok tersebut terbanyak di kecamatan Sungai Gelam dengan jumlah 362 ekor.


Kemudian disusul dengan kecamatan Sekernan 86 ekor, Kumpeh Ulu dan Bahar Utara 64 ekor, Sungai Bahar 56 ekor. Sementara kecamatan yang lainnya bervariasi.


Menurut Samsul, hewan ternak yang bakal dipotong, hewan ternak tersebut sudah diperiksa kesehatannya. Jadi, dirinya memastikan jika semua hewan ternak ini sehat.


Meski demikian, nantinya tim dari dinas akan turun memantau ketika usai disembelih.


"Kalau sekarang posisinya sehat semua. Tapi nanti tetap kita pantau, jika ada yang terdapat cacing hati, maka kita sarankan untuk tidak dikonsumsi," imbuhnya.  

(Jes)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Hewan ternak jenis Kerbau Dan Sapi akan disembelih saat Lebaran Idul Fitri Tahun 2022 ini

Terkini

Topik Populer