terkini

Calon Jamaah Haji Paluta Jalani Vaksinasi Meningitis

5/24/22, 10:15 WIB Last Updated 2022-05-24T03:15:29Z

 

Salah satu CJH Kabupaten Paluta Saat Melakukan Pemeriksaan Kesehatan, Senin (23/05/2022)


PADANG LAWAS UTARA, MA - Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara melakukan vaksinasi Meningitis terhadap Calon Jamaah Haji (CJH) kabupaten Padang lawas utara di Puskesmas Gunungtua, Senin (23/05/2022).



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang lawas utara dr Sri Prihatin Harahap melalui Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora mengatakan bahwa secara keseluruhan ada 162 orang jemaah yang terdiri dari 137 orang CJH reguler ditambah 25 orang CJH cadangan bakal menjalani penyuntikan vaksin Meningitis.



 

Pemberian vaksin ini merupakan upaya perlindungan kesehatan kepada para CJH, vaksinasi Meningitis Meningokus sebagai upaya untuk mencegah dari penularan penyakit menular selama melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi sebagai persiapan untuk melaksanakan ibadah haji pada tahun 2022. “Vaksin meningitis untuk calon jamaah haji ini dijadwalkan selama satu hari ini saja,” jelasnya.


Ia menyebutkan bahwa para CJH yang mendapat Vaksinasi Meningitis adalah CJH yang sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan ulang di Puskesmas Gunungtua beberapa waktu lalu.


Ia juga menjelaskan vaksinasi meningitis bagi calon jamaah haji penting dilakukan agar kekebalan tubuh terhadap penyakit meningitis dapat terbentuk, dengan harapan jamaah calon haji dapat terhindar dari penyakit tersebut dan dapat melaksanakan ibadah dengan kondisi tubuh yang sehat dan dalam kondisi yang baik.


“Sebelum dilaksanakan suntikan vaksin meningitis, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan tensi dan sebagainya. Jika calon haji dalam kondisi baik, maka dapat dilakukan suntik vaksin,” ujarnya.


Menurut dia, ada sekitar 145 orang CJH yang menjalani vaksinasi meningitis hari ini, sekitar 17 orang CJH yang ada dalam daftar belum bisa hadir. Bagi calon jamaah yang belum bisa hadir, dapat mengikuti vaksin meningitis di kantor Dinas Kesehatan kabupaten Paluta dalam waktu seminggu ini.



 

"Untuk jamaah yang belum bisa hadir, maka dapat melakukan vaksinasi Meningitis di kantor Dinkes Padang lawas utara  begitu pula dengan calon haji yang dalam kondisi kurang sehat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Calon Jamaah Haji Paluta Jalani Vaksinasi Meningitis

Terkini

Topik Populer