terkini

DPD Sumsel Aliansi indonesia Desak Kejati Usut dugaan korupsi lahan fiktip program serasi 2019 Desa Upang karya.

9/30/22, 17:06 WIB Last Updated 2022-09-30T10:06:34Z



Banyuasin,MA-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian pada tahun 2019 menggelontorkan Dana senilai 860 Miliar untuk Kabupaten Banyuasin dalam program Serasi. Uang sebanyak itu diperuntukan 200 ribu hektar lahan untuk 82 Desa dalam program Selamatkan Rawa Sejaterahkan Petani (Serasi).


Diharapkan dengan program Serasi ini, kesejahteraan petani meningkat dan program berjalan sesuai dengan standar yang ada. Terkait hasil investigasi media serta lembaga pada kenyataannya, selain dijadikan sebagai ajang dugaan korupsi berjemaah, program ini juga diduga amburadul. 


Sebagai salah satu penerima program Serasi( Selamatkan Rawa Sejaterahkan Petani ) Desa Upang karya kecamatan Muara Telang kabupaten Banyuasin, memulai pekerjaan dari tahap pertama, kedua dan pelaporan kegiatan telah terealisasi. Program Optimasi pendukung kegiatan serasi tahun 2019 desa upang karya mendapatkan Bantuan program serasi seluas 1210 hektar, hasil investigasi tim luas wilayah persawahan di desa ini hanya 800 hektar. Sehingga ada temuan kerugian negara 410 hektar fiktip lahan bantuan program serasi


Rehab saluran tersier. Pembangunan Kontruksi Pintu air sebanyak 49 buah, pembuatan 1(Satu)unit Box bagi dan penyediaan pompa air yang berjumlah 40 buah. Diduga tidak sesuai dengan juknis program serasi 2019. Karena tidak berstandar nasional indonesia(SNI)


Salah seorang perangkat desa Andi. (40) menuturkan bahwa luas areal persawahan desa Upang karya hanya 800 hektar. Tetapi kenapa di program serasi 2019 luas wilayahnya 1210 hektar. Selain Ketua UPKK kegiatan berasal dari Desa lain, bukan warga Desa Upang karya. Sehingga bangunan pintu air dan Box Bagi terkesan asal jadi


Melalui sambungan whats"up Ketua DPD Sumsel Aliansi indonesia, Samsudin Djoesman. Jumat(30/9) mengatakan meminta Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan mengusut dugaan tindak pidana korupsi program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di Desa Upang karya kecamatan Muara Telang Kabupaten banyuasin. Untuk Segera memeriksa seluruh pelaksanaan program yang menjadi pilot project nasional ini.


Tri sutrisno.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPD Sumsel Aliansi indonesia Desak Kejati Usut dugaan korupsi lahan fiktip program serasi 2019 Desa Upang karya.

Terkini

Topik Populer