terkini

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Kunjungan Kelas

9/14/22, 10:21 WIB Last Updated 2022-09-14T03:51:40Z
Pembinaan terhadap guru merupakan kegiatan penting dalam upaya
peningkatan kualitas pendidikan pada
umumnya dan secara khusus untuk
peningkatan kualitas pembelajaran. Kepala
Sekolah sebagai memiliki tugas membina
dan membimbing para guru terutama
membina dan menumbuhkan
profesionalitas guru.
Pelaksanaan supervisi akademik
yang dilakukan oleh Kepala Sekolah
merupakan kegiatan pembinaan yang dapat
mempercepat proses peningkatan
kompetensi para guru dalam mengelolapembelajaran di kelas. Supervisi akademik
sangat penting untuk dikembangkan karena
setiap saat pendidikan dan pembelajaran
selalu berubah, sesuai dengan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang senantiasa
berkembang dengan pesatnya, yang pada
hakekatnya karena adanya perubahandalam
masyarakat. Setiap perubahan
menimbulkan masalah baru yang
mempengaruhi dunia pendidikan, oleh
sebab itu para guru perlu untuk tumbuh
dalam jabatan mengajar. Kepala Sekolah
sebagai supervisor harus mampu membina
para guru agar peka dan peduli terhadap
perubahan serta berusaha untuk bersikap
inovatif dan selalu mengembangkan
kualitas sumber daya dalam mengajar dan
mendidik.
Peran utama Kepala Sekolah
sebagai seorang supervisordalam
melaksanakan proses pembelajaran melalui
pelaksanaan fungsi supervisi dalam bentuk
penelitian, penilaian, perbaikan dan
peningkatan sehingga kualitas
pembelajaran menjadi lebih baik. Teknik
supervisi akademik yang erat berkaitan
dengan pembelajaran di kelas adalah teknik
kunjungan kelas, di mana teknik kunjungan
kelas ini paling mudah dan sering dilakukan 
oleh Kepala Sekolah padasaat melakukan
kegiatan supervisi akademik terhadap para 
guru.
Penerapan prinsip dan fungsi teknik
kunjungan kelas mudah dilakukan oleh
Kepala Sekolah karena tujuannya adalah
untuk memperoleh data mengenai keadaan
sebenarnya selama guru terlibat dalam
proases pembelajaran di kelas. Dengan
adanya data itulah, Kepala Sekolah sebagai
supervisor dapat melakukan pembinaan
terhadap para guru melalui diskusi ataupercakapan pribadi tentang hasil
pengamatan supervisi kunjungan kelas,
sehingga upaya perbaikan dan peningkatan
kompetensi guru dalam proses
pembelajaran di kelas dapat tercapai dengan
baik.
Pelaksanaan supervisi akademik
dengan teknik kunjungan kelas dapat
dilakukan oleh Kepala Sekolah sesuai
dengan program supervisi yang
direncanakan bersama para guru. Kepala
Sekolah sebagai supervisor harus mau
belajar dari berbagai sumber sehingga
pemahamannya tentang supervisiakademik
dapat meningkat dengan baik. Jadi dapat 
dikatakan bahwa semakin sering Kepala 
Sekolah berkunjung ke kelas untuk
mensupervisi guru maka kemampuan dan
keterampilan melakukan kegiatan supervisi
akademik semakin meningkat dan baik.
Bagi guru kunjungan kelas yang dilakukan
Kepala Sekolahdapat menjadi motivasi
tersendiri untuk memacu dirinya dalam
meningkatkan kompetensi pedagogi dan
prosesional yaitu meningkatkan kualitas
pembelajaran di kelas yang berdampak
pada peningkatan kualitas pendidikan di
sekolah.(Penulis : Drs. H. Agus Setiawan, M. Pd Kepala SMA Negeri 1 Cikampek  email: augustsman5krw@gmail.com
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Kunjungan Kelas

Terkini

Topik Populer