terkini

Ikatan Keluarga Media Sampang (IKMS) Peduli Kegiatan Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI ) Kabupaten Sampang.

12/04/22, 13:00 WIB Last Updated 2022-12-04T06:00:44Z


SAMPANG,MA-Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 3 Desember kemarin, Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI ) Kabupaten Sampang memberikan bantuan berupa kursi roda bagi penyandang Disabilitas khususnya warga Sampang, namun dalam kegiatan sosial tersebut juga ada warga Sumenep dan Pamekasan dan Bangkalan yang juga dibantu, tentunya melalui proses seleksi ketat berhubung banyak yang mengajukan sementara bantuan yang disiapkan terbatas. Difabel atau different ability people atau orang berkemampuan berbeda, yaitu orang-orang yang dikatagorikan memiliki kemampuan yang berbeda dengan manusia pada umumnya. Istilah lainnya adalah gangguan.


Secara umum, penyandang disabilitas adalah ketidakmampuan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas tertentu.

Hari Disabilitas Internasional atau International Day of People with Disabilities diperingati setiap tanggal 3 Desember atau tepat pada Sabtu (3/12/2022)


Kantor Kesekretariatan PPNI Sampang beralamat di Jalan Kusuma Bangsa 46 Sampang ini, menjadi titik kumpul peserta yang di berangkatkan bersama 2 pendamping anak-anak Disabilitas.


Pada hari gangguan Internasional kali ini Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Sampang ikut berpartisipasi untuk membantu para penyandang gangguan tersebut untuk mengajukan sarana Kursi Roda Khusus , yang mencakup wilayah Madura Raya. Minggu ( 4/12/2022)


Pendataan di mulai sejak 3 bulan lalu terjaring sebanyak 76 orang. Selanjtnya kami berlindung pada yayasan Global Village Bali penyedia Kursi roda khusus sebagai partner tunggal kami.

Setelah di skrening awal, sebanyak 36 peserta yang lolos, namun penerimaannya secara bertahap, tahap pertama sebanyak 17 orang. 2 dari Sumenep, 3 dari Pamekasan 11 dari Sampang dan 1 dari Bangkalan.

Skrening awal yang dilakukan diantaranya, umur, berat badan, tinggi badan, panjang kaki dan panjang paha. Skrening selanjtnya dilakukan pada test fungsi keterbatasan fisik, berdiri, duduk, jalan pasif atau di bantu.


Tidak semua yang keterbatasan gerak selalu terindikasi pakai alat bantu kursi roda, misal yang sudah berlatih berjalan tidak harus kursi roda, namun yang spesifik alat bantu wallker, ada yang sampai alat bantu kaki palsu.


Romsah selaku ketua PPNI mengatakan , "semoga bantuan alat khusus kursi roda ini dapat memacu semangat anak, membantu aktifitas sehari-hari. Semoga mempunyai harapan masa depan yang sama dengan anak-anak pada umumnya,"jelasnya


Total rombongan satu bus besar yang di fasilitasi oleh pemerintah Daerah ini insyaAlloh cukup untuk peserta dan pendamping ,sekaligus untuk membawa kursi Roda dari Unesa Surabaya kembali ke Sampang


Muhidin Karmujianto selaku ketua rombongan menyampaikan, " kami dengan 4 orang pendamping dari PPNI akan mengawal dari pemberangkatan sampai kembali lagi ke Sampang, dan proses pendaftaran awal untuk bantuan Kursi Roda Khusus Disabilitas Fisik ini di mulai sejak awal Agustus yang lalu. Peserta terjaring sebanyak 76 orang , namun yang lolos skrening dari pihak Yayasan Global Village Bali hanya sebanyak 36 orang." ujarnya


" kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ikatan Keluarga Media Sampang (IKMS) yang sejak awal mengawal kegiatan sosial yang di gagas PPNI Kabupaten Sampang, semoga IKMS selalu eksis dan maju kedepan,. IKMS selama ini dikenal sangat positip dalam kegiatan maupun pemberitaannya," tambah Muhidin

 

Joko M, selaku ketua Ikatan Keluarga Media Sampang (IKMS), mengatakan, kegiatan sosial seperti sangat membantu penyandang disabilitas khususnya mereka yang kurang mampu secara ekonomi.


“Ikatan Keluarga Media Sampang ( IKMS) siap mengawal kegiatan sosial seperti ini melalui fungsi medianya,”tambah Joko


Dari jumlah ini kursi roda turun secara bertahap, kali ini tahap petama sebanyak 17 peserta. Semoga tahap berikutnya segera turun, semoga peserta yang sudah terdaftar dan lolos skrening bisa menunggu dengan sabar.

Demikian ungkap Muhidin Karmujianto selaku Sekretaris PPNI Sampang," tambah Joko selaku Ketua Ikatan Keluarga Media Sampang.


(Roe-nya').

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ikatan Keluarga Media Sampang (IKMS) Peduli Kegiatan Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI ) Kabupaten Sampang.

Terkini

Topik Populer