terkini

MTQ Tingkat Kabupaten Aceh Singkil Resmi Dibuka, 530 Peserta Siap Bersaing di Wisata Kelas Dunia

Pujo
8/07/23, 10:44 WIB Last Updated 2023-08-07T03:44:11Z



Aceh Singkil-mediaadvokasi.id
Sebanyak 530 peserta siap bersaing di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 36 tingkat Kabupaten Aceh Singkil. Kegiatan itu diselenggarakan di Kecamatan Pulau Banyak atau di wisata kelas dunia.

Acara itu resmi dibuka langsung oleh Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Pulau Banyak Barat, Minggu 6 Agustus 2023 malam.

Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi mengatakan, kepada peserta dan kafilah selamat berkompetisi dan jadi lah yang terbaik.


"Jadilah peserta yang terbaik, sehingga  dapat mewakili Kabupaten Aceh Singkil ke tingkat provinsi selanjutnya menjadi utusan Aceh ke tingkat Nasional bahkan Internasional,"kata Azmi.


Menurut Azmi, sebagai umat muslim kita harus selalu hidup dengan harmonis dan menjadikan Alquran sebagai pegangan dan pedoman dalam menciptakan tatanan kehidupan. Sehingga mampu mengatasi berbagai persoalan.

“Mari bahu membahu, satukan langkah serta bekerja keras dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ada untuk kemajuan, keamanan dan kesejahteraan masyarakat Aceh Singkil,”ungkapnya.


Lebih lanjut Azmi juga meminta, kepada para ulama dan cendikiawan, untuk selalu memberi bimbingan dan saling nasehat menasehati. 

"Saya berharap kepada para ulama, para cendekiawan dan tokoh masyarakat untuk terus membimbing dan membina masyarakat, agar terhindar dari segala perbuatan yang tidak terpuji, sebagaimana nabi Muhammad SAW, mengembankan risalahnya untuk penyebaran agama Islam yang damai,"ujarnya.


Ditempat yang sama Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Aceh Singkil Abdul Hanan, berpesan kepada Dewan Hakim agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Memberikan penilaian kepada peserta dengan fear sehingga mampu menghasilkan yang terbaik, berprestasi di MTQ provinsi,” ujarnya.


Sementara sebelumnya Camat  Pulau Banyak Barat Mawardi mengungkapkan, anggaran pelaksanaan MTQ sebesar Rp 900 juta. Terbilang minim jika dibandingkan MTQ dua tahun di Kecamatan Danau Paris sebesar Rp 1,3 miliar.

Kendati minim anggaran dan waktu persiapan yang singkat, namun pelaksanaan MTQ tetap berlangsung meriah. Lantaran sejak menjadi kecamatan, ini menjadi event tingkat kabupaten yang pertama kali digelar Pulau Banyak Barat.

“Alhamdulillah seluruh masyarakat turut serta dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ ini,” ujarnya.


Menurut Mawardi, Pulau Banyak Barat merupakan salah satu kecamatan dalam gugusan Kepulauan Banyak. Kecamatan tersebut memiliki destinasi wisata kelas dunia yang tiap tahun dikunjungi wisatawan manca negara.



Objek wisata andalannya antara lain lokasi selancar di Ujung Lolok, tempat konsevasi penyu langka dunia di Pulau Bangkaru dan lokasi snorkling sempurna di Pulau Tailana.


Kemudian lokasi wisata pulau eksotik Nago Resort dan pemandian air tawar di Mato Air. 


Pulau Banyak Barat juga menyimpan catatan sejarah kerajaan masa lalu. Sehingga pelaksanaan MTQ di  Pulau Banyak Barat, merupakan syiar Islam di destinasi wisata kelas dunia.

"Kafilah dapat mempelajari kebesaran Allah dari ciptaannya yang begitu menawan di  Pulau Banyak Barat ini,"terang Mawardi.

Foto: Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi saat membuka MTQ ke -36 tingkat Kabupaten Aceh Singkil, di Pulau Banyak Barat.(Jack).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MTQ Tingkat Kabupaten Aceh Singkil Resmi Dibuka, 530 Peserta Siap Bersaing di Wisata Kelas Dunia

Terkini

Topik Populer