terkini

Kapolres dan kabag ops polres pagar alam sambangi pos regristrasi gunung dempo.

9/13/23, 16:36 WIB Last Updated 2023-09-13T09:36:35Z


PAGAR ALAM MA-" Fenomena El Nino yang memicu kenaikan suhu udara dan kekeringan ekstrim, membawa dampak signifikan termasuk bagi masyarakat kota Pagaralam Sumatera Selatan.


Kekeringan yang cukup ekstrim di Sumsel khususnya kota Pagaralam berpotensi memicu kebakaran hutan serta kekurangan air kebutuhan warga.


Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Irawan S.Ik di dampingi Kabag Ops AKP Herry Widodo SH mengungkapkan kekeringan ini juga belakangan membawa sejumlah bencana seperti kebakaran hutan serta kebakaran di pemukiman warga serta semak belukar yang ada di jalan penghubung kota Pagaralam dengan Kabupaten Lahat tak terkecuali di  kawasan jalur pendakian Gunung Dempo.


Mengacu pada kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapa waktu lalu yang terjadi di kawasan Kecamatan Dempo Selatan, Kapolres Pagaralam meminta warga dan para pendaki gunung untuk tidak menyalakan api dan membuang puntung rokok secara sembarangan.


“Salah satu penyebab kebakaran adalah faktor manusia. Mari tingkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan karena faktor manusia,” tegasnya, Selasa,(12/09/2023) saat di bincangi humas pada saat berkunjung ke pos registrasi gunung Dempo.


Dirinya menuturkan,Kota Pagaralam mempunyai  gunung yang menjadi favorit para pendaki untuk sekedar menyalurkan hobinya.


“Untuk itu bagi mereka yang melakukan pendakian di Gunung Dempo agar berhati-hati,” ungkapnya.


Terkait perkembangan situasi di kawasan Gunung Dempo dan jalur serta pelataran kemah, Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Irawan S.Ik mengatakan titik-titik api belum terpantau lagi. Hal itu didasarkan dari laporan polres dan Polsek Setempat.


“Pantauan di lapangan yang di lakukan oleh personil Polres Pagaralam dan Polsek Serta pengurus Brigade gunung Dempo,sejauh ini untuk kawasan Gunung Dempo tidak ada titik api yang menyebabkan kebakaran hutan lahan ,” terangnya.


Untuk itu, lanjutnya, personel Polri melakukan Patroli rutin di kawasan Gunung Dempo dan sekitarnya, saat ini telah personil melakukan Patroli rutin dari kesatuan masing-masing.


“Namun demikian, Polri masih siaga. Satuan-satuan polres Pagaralam di sekitar Gunung Dempo terus melakukan patroli. Termasuk berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk memantau perkembangan situasi,” pungkasnya.(Rb

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres dan kabag ops polres pagar alam sambangi pos regristrasi gunung dempo.

Terkini

Topik Populer