terkini

Kurangi Angka Kasus Kebutaan Akibat Katarak PMI Kabupaten Cilacap Selenggarakan Operasi Katarak Gratis.

3/10/24, 11:12 WIB Last Updated 2024-03-10T04:12:10Z


CILACAP, MA - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke - 168 Kabupaten Cilacap,  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap  kembali gelar operasi katarak gratis tahap II di   RSUD Majenang, Sabtu (9/3).


Dalam kesempatan itu, selain mendapat operasi gratis, warga juga menerima bantuan paket sembako yang diserahkan langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ms'ruf.


"Hari ini di RSUD Majenang ada 47 mata yang dioperasi. Saat pemeriksaan ada 65 mata di masing-masing Puskesmas. Dan kemarin tanggal 2 Maret 20 mata sudah dioperasi," ujar Farid di sela-sela kegiatan di RSUD Majenang. 


"Kemarin di RSUD Cilacap tanggal 2 Maret sudah dilaksanakan, yang mendaftar 65 orang. Namun setelah di screening di Klinik Pratama Rawat Inap PMI, yang bisa dioperasi jumlahnya hanya 44 mata," imbuhnya. 


Sementara untuk pelaksanaan operasi di RSUD Majenang, kata Farid dilakukan secara bertahap. Hal itu agar tidak mengganggu pelayanan secara umum. 


Lebih lanjut, Farid menyampaikan, operasi katarak gratis untuk masyarakat tersebut akan dilakukan secara berkala setiap tahunnya. 


"Jadi untuk obat dan alat dari rumah sakit. Sementara untuk biaya ditanggung oleh PMI. Selain itu kami juga memberikan bantuan paket sembako untuk mereka yang membutuhkan," jelasnya. 


Diketahui bersama, operasi katarak gratis tersebut selain wujud perhatian Pemkab Cilacap kepada masyarakat, khususnya kurang mampu, juga sebagai upaya penurunan angka kasus kebutaan yang diakibatkan oleh penyakit katarak di Kabupaten Cilacap. 


Sementara itu, Direktur RSUD Majenang dr. Reza Prima Muharama menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan operasi katarak diantaranya ruang operasi, tenaga medis mulai dari dokter spesialis mata hingga perawat. 


"Termasuk obat-obatan juga sudah kami sediakan. Setelah dioperasi, nanti pasien kami anjurkan untuk melakukan kontrol ulang. Dan kami akan monitoring serta evaluasi selama 2 minggu ke depan," katanya. (D'Pour).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kurangi Angka Kasus Kebutaan Akibat Katarak PMI Kabupaten Cilacap Selenggarakan Operasi Katarak Gratis.

Terkini

Topik Populer