terkini

TAK KENAL LELAH. SATGAS DARAT KARHUTBUNLA BERJIBAKU PADAMKAN API

8/23/18, 11:32 WIB Last Updated 2018-08-23T04:32:30Z

Setiap hari Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) seakan tak henti-hentinya terjadi di wilayah Sumsel

Palembang, Media Advokasi - Dari informasi yang didapat,  pada hari ini terpantau tujuh titik api yang membakar lahan baik milik perusahan maupun milik masyarakat di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) maupun di Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Menurut data yang dilaporkan oleh Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Septiyanizar, Rabu (22/8/2018), Karhutbunla terjadi di lahan tebu  milik PTPN 7 Cinta Manis di Petak 261 Abdeling 13 seluas kurang lebih 5,5 Ha. Api juga membakar lahan milik masyarakat seluas kurang lebih 10 Ha yang berada di Ds. Menang Raya Kec. Pedamaran, Kab. OKI.
Karhutbunla juga terjadi di Ds. Pagar Dewa, Kec. Sungai Menang, Kab. OKI, kurang lebih 50 Ha lahan di wilayah ini juga hangus terbakar.



Selanjutnya, api juga membakar lahan di Ds. Perigi, Kec. Kayu Agung, Kec. OKI, selain belum diketahui pemilik lahan tersebut, luas lahan yang terbakar juga belum dapat diprediksi dan masih dalam penyelidikan.

Atas kejadian tersebut, seakan tidak mengenal lelah Satgas Darat di wilayah Kodim 0402/OKI, TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, MPA, RPK Perusahaan dan aparat terkait lainnya bersama masyarakat bergerak cepat untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan sarana yang ada seperti beberapa unit Mesin Pompa Air dan Mobil PMK milik perusahaan.
Tak hanya itu, Satgas juga mengerahkan 3 unit Helly BNPB untuk melakukan Water Bombing agar api segera padam.

Sementara itu, pada pukul. 14.00 WIB, Satgas Darat juga melakukan pemadaman lanjutan di Lebak Teluk Semedang, Ds. Sungai Bungin, Kec. Pangkalan Lampam. Kab. OKI. Diketahui sekitar kurang lebih 5 Ha lahan di wilayah tersebut hangus terbakar dilalap si jago merah. Namun api berhasil dipadamkan dan saat ini sedang dilakukan pembasahan.

Api juga kembali membakar lahan seluas kurang lebih 3 Ha yang berada di wilayah Ds. Ibul Besar Satu, Kec. Pemulutan Induk, Kab. OI. Berkat kesigapan Satgas Darat dibantu dengan 2 Helly BNPB, api juga berhasil dipadamkan.

Hingga malam hari, operasi darat masih berlangsung bertujuan untuk melakukan pembasahan lahan yang sudah terbakar.
Untuk hari ini, tercatat sekitar kurang lebih 73 Ha lahan di wilayah OKI dan OI hangus terbakar, rata-rata lahan tersebut adalah lahan gambut. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TAK KENAL LELAH. SATGAS DARAT KARHUTBUNLA BERJIBAKU PADAMKAN API

Terkini

Topik Populer