terkini

Tgk H. M. Yusuf A Wahab Pimpinan Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb Isi Pengajian Tasawuf Tauhid Dan Fqih( Tastafi) Di Jakarta

11/08/18, 17:05 WIB Last Updated 2018-11-08T10:05:21Z

Bireun, Media Advokasi - Tgk H. M. Yusuf A Wahab Pimpinan Dayah Babussalam  Al Aziziyah Jeunieb isi pengajian Tasawuf, Tauhid dan Fiqih (Tastafi) di Jakarta pada rabu malam (7/11/2018) berlangsung di Meunasah Aceh Pasar Minggu Jakarta Selatan, Pengajian ini merupakan  agenda kerja rutin tastati wilayah Jakarta.

Dihadapan ratusan jamaah yang hadir Tu Sop mengatakan seiring perkembangan  jaman Dayah diaceh merupakan ranah pendidikan tertua, jauh sebelum  lahirnya pendidikan lain,  Aceh mempunyai  3 sektor pendidikan,  yaitu Rangkang(Balai Pengajian), Meunasah (Majelis Ta'klim) dan Dayah(Pendidikan Tertinggi Saat itu).

Hingga kini ketiga-tiganya masih bertahan.  “ saya melihat dan merasakan bagaimana pahitnya mereka  mempertahankan dayah,  mereka rela hidup dalam kesusahan tetapi tidak pernah meninggalkan  proses belajar mengajar mereka komit dalam mendidik bangsa,  itu yang saya rasakan karna orang tua saya juga pimpinan dayah” ujar Tu Sop. 


Maka karena keterbatasan ruang gerak, lembaga pendidikan dayah hari ini tidak menjangkau keseluruh lini kehidupan, masih banyak lahan kosong yang terlantar, maka hadirnya Tastafi untuk mengisi lahan-lahan kosong ini. Tastafi merupakan  solusi bagaimana  melakukan ekphansi dakwah ilmu  ke publik tanpa harus inklusif didunia dayah saja,  maka tastafi hadir menangani dan mencari cara supaya ilmu yang diperintahkan  oleh allah tersampaikan kepada ummat.

“ Kita melihat diera persaingan globalisasi ini segala macam pemikiran masuk di lahan-lahan kosong ini akan berdampak kepada lahirnya pemikiran - pemikiran sakuler dan merusak akidah dari dalam,  maka solusinya Tauhid,  Tasawuf dan fiqih sebagai pelindung yang tidak diragukan lagi”.ujarnya

Sebelumnya  Pimpinan Yayasan Dayah Bersaudara (YADARA) Tu Sop siang tadi bersama Staf Ahli DPRA dan Dinas Pendidikan  Dayah Aceh melakukan  pertemuan  dengan  kemendagri  dalam rangka pembahasan Qanun Dinas Pendidikan Dayah Aceh. ( Al Fadhal Humas Ikatan Penulis Santri Aceh / IPSA Kabupaten Bireuen)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tgk H. M. Yusuf A Wahab Pimpinan Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb Isi Pengajian Tasawuf Tauhid Dan Fqih( Tastafi) Di Jakarta

Terkini

Topik Populer