terkini

Direktur Pmd Dorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Dana Desa

3/25/19, 00:55 WIB Last Updated 2019-03-24T17:55:33Z


Palu, MA - Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT, Moh. Fachri, S.STP, M.Si., menegaskan, partisipasi masyarakat penting didorong terus menerus dalam proses penggunaan  Dana Desa, baik perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasinya sehingga lebih transparan, akuntabel dan kredible.


“Dana Desa wajib dikelola secara transparan dan akuntabel, dengan basis perencanaan pada kebutuhan rill masyarakat Desa melalui proses perencanaan partisipatif".

Demikian pernyataan  Direktur, M. Fachri dalam acara penutupan Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa Provinsi Sulawesi Tengah di Hotel Swisbell, Palu, (22/03/2019).

Menurut Fachri, pemanfaatan Dana Desa juga harus terus didukung dengan gagasan-gagasan inovatif dan kreatif, agar kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa memiliki nilai lebih dan kemanfaatan ekonomis yang tinggi.

Selain itu, lanjut Fachri, Program Inovasi Desa (PID) diharapkan dapat  meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa. Salah satu cara sosialisasi inovasi tersebut melalui pendokumentasian dan pendistribusian pengetahuan dari praktik-praktik inovatif dalam pengelolaan dan penggunaan Dana Desa yang nantinya dapat direplikasikan oleh Desa.

Untuk itu, Fachri berharap agar Pemerintah Kabupaten/Kota memaksimalkan pembinaan, pelayanan dan sinergitas antar OPD terkait sehingga dapat membuka ruang bagi tumbuh-kembangnya gagasan dan praktik-praktik  inovatif di desa-desa.

Lebih lanjut, Fachri menegaskan agar seluruh Tenaga Pendamping Profesional melakukan pendampingan dengan prinsip kebersamaan.

”Pendampingan itu untuk dan bersama-sama masyarakat desa”, tegasnya.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh ratusan peserta dari unsur-unsur Dinas PMD dan Tenaga Ahli Program Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas PMD dan Bappeda Kabupaten/Kota, Tenaga Pendamping Profesional (TAPM, PD/PDTI dan PLD), Kepala Desa, Pengurus BUMDes, Tim Inovasi Kabupaten/Kota serta Tim Pelaksana Inovasi Desa se Provinsi Sulawesi Tengah. (Rls/Yl)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Direktur Pmd Dorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Dana Desa

Terkini

Topik Populer