terkini

BPBD Banyumas Selenggarakan Rakor Rencana Latihan Gabungan Respon Informasi Penanggulangan Bencana

4/29/22, 22:43 WIB Last Updated 2022-04-29T15:43:59Z
Banyumas, MA - Bertempat di Aula Kantor Badan  Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Banyumas  selenggarakan rapat koordinasi Rencana Latihan Gabungan Respon Informasi Penanggulangan Bencana, Kamis (24/4/2022).

Rakor diikuti oleh Perangkat Dinas Kabupaten Banyumas Dinsospermades, Satpol PP dan unsur pendukung lain seperti PMI Kabupaten Banyumas, Basarnas, RAPI 08 Banyumas, ORARI lokal Banyumas dan lintas relawan yang ada di Kabupaten Banyumas.

Disebutkan, acara ini merupakan rangkaian kegiatan BPBD yang telah membuat posko gabungan Kesiapsiagaan mudik lebaran 1443 Hijriah untuk antispasi kebencanaan di Kecamatan Kemranjen yang merupakan daerah rawan bencana.

Dalam Rapat koordinasi Rencana Latihan Gabungan Respon Informasi Penanggulangan Bencana, juga sebagai evaluasi dalam hal penanganan kebencanaan di beberapa lokasi bencana di kabupaten Banyumas.

Evaluasi tersebut khususnya banjir di daerah Tambak ,Sumpiuh dan kemranjen merupakan bencana terlama di kabupaten Banyumas karena selama 11 hari pengendaliannya.

Rakor dipimpin oleh Andi Is Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banyumas. Rakor ini sebagai persiapan untuk giat lokakarya dalam hal pemantapan respon dan informasi penanggulangan bencana ke depan sedianya akan dilaksanakan pada minggu ke dua bulan Mei 2022.

Lanjut Andi beberapa hal kedepan yang perlu dibahas dalam lokakarya adalah Klaster Pos Komando, menyangkut ketersediaan jumlah personil untuk mengupdate perkembangan kondisi bencana.

Klaster evakuasi, sudah terpenuhi tinggal efisiensi penyempurnaan dengan meningkatkan fungsi koordinasi.

Klaster Logistik dan Dapur Umum,  masih terkendala dengan permasalahan packaging dan mobilisasi sehingga memperlambat pendistribusian.

Klaster Pengungsian dan phisycosocial. Masih sangat dibutuhkan tambahan relawan guna pendampingan

Klaster Kesehatan Sudah terpenuhi dengan peran Dinas kesehatan,Puskesmas dan PMI.

Klaster Komunikasi perlu pembenahan dan bantuan organisasi yang bergerak di bidang komunikasi. Dikarenakan banyak daerah bencana yang tidak mendapatkan signal internet. Dan peran radio pemancar HT menjadi utama.

Eddy Wahono pembina Forum Relawan lintas Organisasi FORTASI Banyumas yang ikut menghadiri rakor menyatakan bahwa Tambak Sumpiuh Kemranjen adalah daerah retensi banjir dan longsor dipastikan terjadi di setiap musim penghujan. 

Selain itu  merupakan daerah kekeringan pada saat musim kemarau. Dibutuhkan pemetaan daerah retensi utama mengenai penyebab dan pencarian solusinya.

Untuk permasalahan komunikasi sangatlah diharapkan peran ORARI Lokal Banyumas dalam membantu komunikasi dan mendampingi RAPI yang selama ini lebih eksis dalam membantu komunikasi kebencanaan.

Dikarenakan Comunication and Rescue adalah tugas utama ORARI dan  sesuai aturan perundangan peran ORARI adalah sebagai cadangan frequensi nasional di saat terjadi kebencanaan, pungkas Eddy. (Pour).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPBD Banyumas Selenggarakan Rakor Rencana Latihan Gabungan Respon Informasi Penanggulangan Bencana

Terkini

Topik Populer