terkini

Kemenag Pessel Ikuti Desk Evaluasi Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Bersama KemenPANRB Dan Empat Satker.

5/12/23, 20:21 WIB Last Updated 2023-05-12T13:21:57Z


Kab. Pessel, MA - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda bersama tim evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) lakukan Desk Evaluasi pelayanan publik ramah kelompok rentan pada Jumat (12/5/2023) Pagi diruang kerjanya. 


Menurut Abrar Munanda, kegiatan desk evaluasi yang dilakukan oleh tim evaluator tersebut merupakan dengan keikutsertaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan beserta empat kantor sebagai satuan kerja pelopor pelayanan publik ramah kaum rentan.


Ditunjuknya Kantor Kemenag Pessel dalam ajang kompetisi satker penyelenggara pelayanan publik kelompok rentan sudah tertuang dalam surat usulan Setjen Kemenag RI ke Kementerian PANRB tanggal 27 Februari 2023 lalu. 


Lebih lanjut dijelaskan, kondisi eksisting penyediaan sarpras ramah kelompok rentan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.


"Aspek pemenuhan jumlah sarpras yang telah disediakan sebanyak 12 indikator dan aspek pendukung lainnya," ujar Abrar.


Dari 123 jenis layanan publik yang ada di Kemenag Pessel kata Abrar, sebagian besar merupakan terkait dengan layanan Inklusi, diantaranya dalam layanan haji.


"Bagi jemaah lansia dalam pengurusan visanya kita akan kunjungi ke rumah-rumah mereka karena, mereka sudah tidak memiliki kemampuan untuk mobilitas jarak yang agak jauh. Maka itu kita layani pengurusan visabio mereka ke rumah masing-masing. Termasuk konsultasi dan bimbingan manasik bagi lansia," Terangnya.


Selain itu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan juga telah  melakukan survey berupa uji petik terkait pendapat dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Kemenag Pessel.


"Kita mencoba melakukan survei kepuasan masyarakat, dan alhamdulillah dari responden yang kita mintakan untuk memberikan jawaban secara online terhadap layanan pada link survei, nilai yang kita capai adalah 95,7," jelas Abrar.


Abrar Munanda menambahkan, pigaknya menerima cukup banyak informasi dan masukan berharga dari tim evaluator Kementerian PANRB.


"Mudah-mudahan bisa segera kita tindaklanjuti untuk penyempurnaan kualitas pelayanan publik peduli kaum rentan ini," harap Abrar.


"Harapan kita bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dapat lolos ke tingkat selanjutnya sebagai satuan kerja pelopor pelayanan publik peduli kaum rentan di Indonesia," tutupnya. (Arief Wisa).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kemenag Pessel Ikuti Desk Evaluasi Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Bersama KemenPANRB Dan Empat Satker.

Terkini

Topik Populer